Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi untuk Meningkatkan Inovasi dan Kreatifitas Mengajar Guru SD Peduli Anak

Muzakkir Muzakkir, Ary Purmadi, Farida Fitriani, Fitri Astutik

Abstract


Media Prezi merupakan media presentasi yang didukung adanya internet atau bisa juga aplikasi tersendiri (offline). Target dalam pengabdian ini adalah guru dengan tujuan agar guru bisa menguasai, memanfaatkan, dan mengajarkan siswa di kelas dengan menggunakan media Prezi. Metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian ini yakni pelatihan pemanfaatan media pembelajaran secara partisipatif. Adapun teknik pelaksanaan program ini akan dilakukan secara tim yang terdiri dari dosen, dari tim dosen tersebut akan ditugaskan untuk mendampingi guru-guru agar pelaksanaan pelatihan berjalan secara optimal serta adanya buku panduan praktis untuk guru. Pelatihan ini dikhususkan guna memantapkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam hal mengembangkan inovasi mengajar di kelas.


Full Text:

PDF

References


Aotar, Adlim, dan Safrida. (2015). Penerapan Presentasi Media Prezi pada Materi Sistem Saraf Manusia Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bukit. Jurnal EduBio Tropika, 3 (2): 51-97.

Burhanudin, R, dan Suyoso. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Software Prezi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika,7 (1): 38-48.

Chou, P.N, C. C. Chang, dan P. F. Lu. (2015). Prezi Versus Powerpoint: The Effects Of Varied Digital Presentation Tools On Students’ Learning Performance. Computers & Education, 91: 73-82.

Febrianto, R. (2017). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TPHP Pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu Dalam Proses Pengolahan Di SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. 3 (2):42-48

Kiss, G. (2016). Ms Power Point vs Prezi in Higher Education. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 15 (3): 126-130.

Ristekdikti. (2016). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016. Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tim Penyusun. (2013). Pedoman KKN-PPL Terpadu IKIP Mataram. Mataram; IKIP Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v1i1.6493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.