Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Untuk Meingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Hully Hully, Lale Yaqutunnafis, Nurul Iman, Abd Muhyi Abidin, Amil Amil, Sakdiah Sakdiah

Abstract


Karya Tulis Ilmuah merupakan salah satu kompetensi yang haru dimiliki dan dikuasi oleh guru sebagai tenaga pendidik, sebab KTI tersebut guru sebagai pendidik dapat mengembangkan potensi ilmiahnya baik dalam menulis bahan ajar, artikel, makalah, riset dan pengabdian kepada masyarakat yang hasil dapat dipublikasikan dan diakses oleh masyarakat luas pada umumnya. KTI ini tentunya dilakukan dengan kaidah-kaidah atau metode ilmiah sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya secara ilmiah. Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan, wawasan, pemahaman dan keterampilan bagi guru sebagai tenaga tentang pentinya penulisan karya tulis ilmiah dalam upaya meingkatkan kualitas guru sebagai tenaga pendidik yang professional. Hasil kegiatan PKM ini adalah meningkatnya pengetahuan, wawasan dan pemahaman serta motivasi guru untuk menulis karya ilmiah dan meningkatnya wawasan guru tentang jurnal yang menerbitkan artikel ilmiah di bidang pendidikan. Selain itu, peserta pelatihan mendapatkan banyak ilmu tentang cara penulisan karya ilmiah dan penulisan akademik serta publikasi di jurnal ilmiah, sehingga membuat mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan karya tulis ilmiah.


Keywords


Karya, Tulis Ilmiah Kualitas, Pendidik

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan pelatihan partisipatif pada kegiatan penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132-137.

Permana, E. P., Mujiwati, E. S., Sahari, S., Santi, N. N., Damariswara, R., Mukmin, B. A., & Saidah, K. (2017). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk guru sekolah dasar pada anggota gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 53-68.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Samuel. M. (2012). Working in the rain: pressures and priorities for teacher education curriculum design in South Africa: a case-study of the University of Durban-Westville in Researching Teacher Education: The Multi-Site Teacher Education Project. Special Issue of the International Journal of Educational Development, 22 (34): 57-66

Ilfiandra dkk, Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Volume 1, No. 1, Desember 2016: Page 70-81, P-ISSN: 2540-8739 || E-ISSN: 2540-8747

Fadlia dkk, Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Academic Writing Untuk Calon Guru Berprestasi, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 5 No. 3, Agustus 2022. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jppm.v5i3.3986

UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdidknas).




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v4i1.16574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.