Pendampingan Penyusunan Program Kerja Mahasiswa PLP dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan dan Konseling Tingkat SMP dan SMA

Ichwanul Mustakim

Abstract


Tujuan pengabdian adalah untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada mahasiswa dalam melaksanakan tugas program kerja selama melaksanakan PLP. Metode pelaksanaannya dengan cara diskusi, tanya jawab dan memberikan pendampingan secara khusus kepada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitumencapai tujuan agar mahasiswa mampu melaksanakan tugas programnya di sekolah. Adapun pengabdian ini bisa di gunakan sebagai acuan bagi mahasiswa kedepan dalam merancang program kegiatan pengenalan lingkungannya. Adapun bagi pembimbing supaya bisa di gunakan sebagai acuan dalam membimbing atau mendampingi mahasiswa selama elaksanaan PLP.

Full Text:

PDF

References


Bimo Walgito, (2005), Bimbingan dan konseling (Studi dan karier), Yogyakarta: Andi offset

Pedoman PLP 2025. Universitas Pendidikan Mandalika

Suhertina. 2014. Dasar-dasar Bimbingan dan KOnseling. CV Mutiara Pesisir Sumatra

Mustakim, I. 2023. Keefektifan Konseling Kelompok Model Kipas (Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur) Dengan Teknik Wdep Dalam Meningkatkan Ketahanan Akademik Siswa. 1 (11) 110-115

Tohirin (2014) menulis buku "Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi)" yang diterbitkan oleh PT Raja Grafindo Persada di Jakarta

Faqih, M., Mujiburrahman., Eriesta, N., & Mustakim. (2024). Terapi Karakter (Characterapy) Untuk Remaja yang Mengalami Broke Home (Keluarga Tidak Utuh). Jurnal Dedikasi Madani 2 (2), p. 102-110.




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v4i1.16336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.