STRATEGI MENINGKATKAN SELF ACHIEVMENT SISWA

Nuraeni Nuraeni, Ani Endriani

Abstract


Kegiatan pengabdian ini membahas strategi yang efektif untuk meningkatkan self-achievement siswa, yang didefinisikan sebagai kemampuan seseorang mencapai tujuan melalui usaha, keterampilan, dan dedikasi pribadi. Pendidikan, sebagai sarana utama transformasi sosial, berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas. Dalam konteks ini, self-achievement menjadi fondasi penting bagi keberhasilan akademik dan pengembangan diri siswa. Kajian ini menyoroti pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, memberikan umpan balik konstruktif, serta memotivasi siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka. Metode pengabdian masyarakat dilakukan melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab secara daring, melibatkan guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa strategi seperti penetapan tujuan yang jelas, penguatan kemandirian, dan pengembangan motivasi intrinsik memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan self-achievement siswa. Penelitian ini merekomendasikan implementasi strategi yang komprehensif untuk mendukung perkembangan akademik siswa.


Keywords


Stragi; Self Achievment; Siswa

Full Text:

PDF

References


Azzet Akhmad Muhaimin. 2014.Pendidikan Yang Membebaskan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Bandura, 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman.Deci, & Ryan, 2000). The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Black & Wiliam, 1998. Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice. 5(1), 7-74

Hattie, J., & Timperley, H. 2007. The Power of Feedback. Review of Educational Research. 77(1), 81-112.

Johnson & Johnson, (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher. 38(5), 365-379

Sagala, Syaiful. 2014.Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo. 2004. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: EGC

Weimer, 2013. Learner-Centered Teaching: Five Key Changes to Practice. (2nd ed.). Jossey-Bass.

Woolfolk, A. 2016. Educational Psychology. (13th ed.). Pearson Education.

Zimmerman, 2002. Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory into Practice. 41(2), 64-70




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v3i2.14222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.