STRATEGI MENINGKATKAN SELF ACHIEVMENT SISWA
Abstract
Kegiatan pengabdian ini membahas strategi yang efektif untuk meningkatkan self-achievement siswa, yang didefinisikan sebagai kemampuan seseorang mencapai tujuan melalui usaha, keterampilan, dan dedikasi pribadi. Pendidikan, sebagai sarana utama transformasi sosial, berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas. Dalam konteks ini, self-achievement menjadi fondasi penting bagi keberhasilan akademik dan pengembangan diri siswa. Kajian ini menyoroti pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, memberikan umpan balik konstruktif, serta memotivasi siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka. Metode pengabdian masyarakat dilakukan melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab secara daring, melibatkan guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa strategi seperti penetapan tujuan yang jelas, penguatan kemandirian, dan pengembangan motivasi intrinsik memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan self-achievement siswa. Penelitian ini merekomendasikan implementasi strategi yang komprehensif untuk mendukung perkembangan akademik siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzet Akhmad Muhaimin. 2014.Pendidikan Yang Membebaskan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Bandura, 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman.Deci, & Ryan, 2000). The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.
Black & Wiliam, 1998. Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice. 5(1), 7-74
Hattie, J., & Timperley, H. 2007. The Power of Feedback. Review of Educational Research. 77(1), 81-112.
Johnson & Johnson, (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher. 38(5), 365-379
Sagala, Syaiful. 2014.Konsepdan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. 2004. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: EGC
Weimer, 2013. Learner-Centered Teaching: Five Key Changes to Practice. (2nd ed.). Jossey-Bass.
Woolfolk, A. 2016. Educational Psychology. (13th ed.). Pearson Education.
Zimmerman, 2002. Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory into Practice. 41(2), 64-70
DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v3i2.14222
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Jurnal Dedikasi Madani
E-ISSN: 2964-1519
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.