PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI LOKAL KEPADA GURU-GURU PAUD SE-KECAMATAN JEROWARU DI PAUD AL-AKRAM

Suharyani Suharyani, Jessica Festi Maharani, Herlina Herlina, M Arif Rizka, Rila Hardiansyah

Abstract


Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis potensi lokal kepada guru-guru PAUD se-Kecamatan Jerowaru di PAUD Al-Akram bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan potensi lokal sebagai sumber belajar. Pelatihan ini melibatkan guru-guru PAUD dalam proses pembuatan media pembelajaran yang relevan dan kontekstual, sehingga dapat meningkatkan minat dan keterlibatan anak-anak dalam proses belajar. Metode pelatihan yang digunakan adalah workshop dan praktik langsung, di mana peserta diberikan materi tentang pentingnya potensi lokal dalam pendidikan, teknik pembuatan media pembelajaran, serta penerapan media tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa guru-guru PAUD mampu mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan potensi lokal, seperti budaya, lingkungan, dan kearifan lokal. Selain itu, pelatihan ini juga meningkatkan pemahaman guru tentang pentingnya integrasi potensi lokal dalam kurikulum PAUD. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna, serta meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kecamatan Jerowaru.

Keywords


Media Pembelajaran, Potensi Lokal, PAUD

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Anwar, S. (2012). Media Pembelajaran: Pendekatan Praktis dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2020). Integrasi Potensi Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sen, A. (1999). Development as Freedom. New York: Alfred A. Knopf.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijaya, M., & Wiyani, N.A. (2014). Strategi Pembelajaran di PAUD. Yogyakarta: Gava Media.




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v3i2.13947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.