Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru SMP Islam Addrain Nahdlatul Wathan Lombok Timur

Sa'di Kholisus, Rila Hardiansyah, Muhammad Arief Rizka, Hardiansyah Hardiansyah

Abstract


Abstract
In order to carry out holistic teaching, the principal of Addrain Nahdatul Wathon Islamic Junior High School (SMP) East Lombok Regency initiated to organize training on the use of the Canva application to improve the competence of teachers. This training aims to equip teachers with graphic design skills that are not only relevant to the needs of the world of work, but also useful in their daily lives. This training also reflects the school's commitment to providing relevant and quality education for all its students. The method used is the lecture method, and the practice of creating a design using the Canva application while playing. The result of this training is that the training carried out has succeeded in improving teachers' competence in graphic design, which is very relevant to the needs of education in the digital era. Through this training, teachers not only gain technical skills in creating engaging and effective learning media, but also increase their creativity and confidence in using technology to support the teaching and learning process. This training not only enriches their professional abilities, but also opens up opportunities to develop their careers and be creative outside the classroom.

Key Words: Training, Learning Media, Canva App, SMP Teachers

Abstrak
Dalam rangka melaksanaka pembelakajaran secara holistik kepala sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Addrain Nahdatul Wathon Kabupaten Lombok Timur berinisiasi agar menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi Canva untuk meningkatkan kompetensi para guru. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para guru dengan kemampuan desain grafis yang tidak hanya relevan dengan kebutuhan dunia kerja, tetapi juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-harinya. Pelatihan ini juga mencerminkan komitmen sekolah dalam menyediakan pendidikan yang relevan dan berkualitas bagi seluruh peserta didiknya. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, dan praktik membuat desain menggunakan aplikasi Canva sambil bermain. Hasil dari pelatihan ini adalah pelatihan yang dilaksanakan berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam desain grafis, yang sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan di era digital. Melalui pelatihan ini, para guru tidak hanya memperoleh keterampilan teknis dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan efektif, tetapi juga meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar. Pelatihan ini tidak hanya memperkaya kemampuan profesional mereka, tetapi juga membuka peluang untuk mengembangkan karier dan berkreasi di luar kelas.

Kata Kunci: Pelatihan, Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Guru SMP



Keywords


Training, Learning Media, Canva App, SMP Teachers

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. (2016). “Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Journal, Lantanida 4, no. 1 (2016): 35–49.

Abi Hamid, Mustofa. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis

Diah Erna Triningsih. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek . CENDEKIA, 128-144.

Sa’di. K. (2024). Pelatihan Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Life Skill Siswa Program Paket C di PKBM Mandiri Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Dedikasi Madani: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3 No. 1 (2024). 26-31. DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v3i1.12248

Sa’di. K. dkk (2023) Pelatihan Pemanfaatan Sampah An-Organik untuk Meningkatkan Life Skill Santriwati di Pondok Putri Anwarul Halimy. Jurnal Dedikasi Madani: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1, No 2 (2023). 59-62. https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7086

Tri Wulandari, And Adam Mudinillah. (2022). “Efektivitas Penggunaan




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v3i2.13826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.