PELATIHAN PENYUSUNAN TEKNIK PENILAIAN HASIL BELAJAR BAGI GURU-GURU DI SMPN SATU ATAP PRAYA TIMUR 2024

M. Samsul Hadi, M. Chairul Anam

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMPN 1 Atap Praya Timur Kecamatan Praya Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru dalam menyusun teknik penilaian hasil belajar. Kegiatan ini sangat bermanfaat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menyusun instrumen hasil belajar. Metode yang digunakan adalah partisipatif dan kolaboratif. Kegiatan ini sekaligus menjadi dorongan bagi guru- guru untuk menyampaikan informasi khususnya kepada guru-guru lain tentang pentingnya peran guru dalam pengembangan penilaian hasil belajar siswa. Hasil kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan guru dalam menyusun penilaian hasil belajar Dengan demikian kegiatan pelatihan ini secara tidak langsung menjadi bagian penting untuk turut menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Keywords


Penilaian; Belajar; Guru

Full Text:

PDF

References


Eko Putro Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karyadi, Didit. 2011. Penilaian Berbasis Kelas. (http://didot4com. wordpress.com/2011/01/24/penilaian-berbasis-kelas/)

Mujiburrahman, et al. 2023. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka, Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (2023) 1 (1) 39-48 https://jurnal.ut.ac.id/index.php/penaanda/article/view/5019/1414

Sujadi, 2002. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Thamrin. 2009. Penilaian Berbasis Kompetensi. Surakarta: FKIP UNS

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v2i2.12385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.