PELATIHAN KAPASITAS KADER TUMBUH KEMBANG ANAK (1000 HPK, PARENTING & SCREENING DDTK)

Jessica Festy Maharani, Lu'luin Najwa

Abstract


Pantauan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini utamanya menjadi tanggung jawab keluarga, dengan dukungan kader Posyandu melalui kegiatan Posyandu. Program Posyandu diterapkan di setiap desa oleh kader yang telah diberi pengetahuan dan pelatihan oleh petugas kesehatan, bertujuan memasyarakatkan pemahaman tentang kesehatan, khususnya pertumbuhan dan perkembangan anak kepada orang tua. Kegiatan Posyandu umumnya melibatkan penimbangan balita dan pemberian nutrisi, fokus utamanya pada tahap pertumbuhan fisik. Oleh karena itu, penting memberikan pengetahuan kepada kader Posyandu mengenai deteksi dini perkembangan anak, sehingga tindakan preventif dapat diambil untuk mengatasi potensi gangguan perkembangan pada balita. Program pelatihan peran kader Posyandu telah melibatkan 80% kader Posyandu di Desa Mumbul Sari, dengan partisipasi 23 orang pada hari pertama dan 30 orang pada hari kedua. Kegiatan ini mencakup ceramah, diskusi, dan sesi tanya jawab. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 2 November 2023 dan 3 November 2023, terbagi dalam 4 sesi. Pelatihan ini berhasil memberikan alternatif penyelesaian masalah yang bermanfaat untuk situasi yang mungkin terjadi selama kegiatan Posyandu di wilayah Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Keywords


Parenting, Pelatihan, Tumbuh Kembang anak

Full Text:

PDF

References


Depkes. (2010). Pedoman Kader Seri Kesehatan Anak. Direktorat Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. Kementrian Kesehatan RI. (2010). Pedoman Kader Seri Kesehatan Anak. Jakarta.

Kania, N. (2006). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal, Artikel, Disampaikan pada seminar “Stimulasi Tumbuh Kembang Anak” Bandung, 11 Maret 2006. Kemenkes. (2012). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta:

Nugroho, H., & Nurdiana, D. (2008). Hubungan Antara Pengetahuan dan Motivasi Kader Posyandu dengan Keaktifan Kader Posyandu di Desa Dukuh Tengah Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Jurnal Keperawatan, 2(1), 1–8

Sices, L. (2007). Developmental Screening In Primary Care : The Effectiveness Of Current Practice And Recommendations For Improvement Laura Sices Boston Medical Center / Boston University School of Medicine December 2007, (1082). Retrieved from www.commonwealthfund.org.

WHO. (2006). WHO Child Growth Standards. Geneva: World Health Organization




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v2i2.10513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.