Pemahaman Pengasuhan Yang Menyenangkan dan Kesehatan Mental Anak Bagi Orang Tua

Ani Endriani, Nuraeni Nuraeni

Abstract


Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan  orang tua dalam menerapkan gaya pengasuhan yang menyenangkan sehingga terbentuknya kesehatan mental anak. Pola asuh menjadi salah satu langkah penting  yang harus orang tua ketahui. Pola asuh yang diberikan orang tua adalah pendidikan pertama bagi seorang anak karena pertama kalinya mereka mengenal dunia dan terlahir di lingkungan keluarga dan dididik oleh orang tua. Keluarga berperan  sangat penting dalam pembentukan kesehatan mental anak, karena waktu anak itu lebih banyak  bersama  keluarga. Sasaran pengabdian ini adalah orang tua, yang dimana orangtua terlibat langsung dalam proses pengasuhan anak di dalam keluarga. Harapan dari kegiatan ini  yaitu adanya pemahaman yang tepat  mengenaikonsep pengasuhan yang menyenangkan, pengasuhan yang tepat yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak,  sehingga terbentuknya kesehatan mental anak.


Keywords


Pengasuhan orang tua yang menyenangkan, kesehatan mental

Full Text:

PDF

References


Ngewa, H. M. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Ya Bunayya, 1 (1), 96–115.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5 (1), 102.

Gordon, T. (2000). Parent Effectiveness Training: The Proven Program for Raising Responsible Children. Revised. New York: Random House Inc.

Damayanti, P A (2011). Dinamika perilaku “nakal” anak berambut gimbal di dataran tinggi dieng. Jurnal Psikologi Islam (JPI) Lembaga Penelitian Pengembangan Psikologi dan Keislaman (LP3K), 8 (2), hlm. 165-190. https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.1554 .

Sanders, M. R., & Turner, K. M. (2018). The importance of parenting in influencing the lives of children. In Handbook of parenting and child development across the lifespan (pp. 3-26). Springer, Cham.




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v2i2.10417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.