Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berorientasi pada Keterampilan Proses Sains Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Afsas, S. K., Sutikno., & Fianti. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Journal on Education, 06(01), 8913-8926. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4375
Fatmi, N., Siska, D., & Nadia, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 68-80. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5257
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
Mursali, S., & Safnowandi. (2016). Pengembangan LKM Biologi Dasar Berorientasi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 4(2), 56-62. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v4i2.218
Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 4(11), 713-717. http://dx.doi.org/10.4236/ce.2013.411101
Putri, R. Y., Sudarti, S., & Prihandono, T. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 6(1), 497-502. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3145
Rahmi, P. (2019). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 43-55. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6389
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children : A Sourcebook. Indiana: Indiana University Bloomington.
Tiarani, M. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Ekosistem dalam Perspektif Islam di MAN 1 Semarang. Journal of Biology Education, 2(1), 77-91. http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5514
Yati, W., & Amini, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Turnamen pada Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 158-167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.335
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9713
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia