Validitas Petunjuk Praktikum Berbasis POE (Predict, Observe, and Explain)
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Andana, D. S., Jannah, H., & Safnowandi. (2023). Pemanfaatan Bintil Akar Kacang Tanah (Arachis hypogaea) sebagai Pupuk Biologi untuk Pertumbuhan Bibit Cabai Rawit (Capsicum frutescens) dalam Upaya Penyusunan Petunjuk Praktikum Fisiologi Tumbuhan II. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.36312/bjkb.v3i1.145
Bari., Agata, J. I., Ibrahim, M., & Yuliani. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Membuat Alat Laboratorium Respirometer Sederhana. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1), 37-45. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.581
Gultom., & Christina, E. (2018). Implementation of Predict, Observe, Explain (POE) Model to Improve the Science Process Skill, the Scientific Attitude and the Cognitive Ability with Electrolyte and Nonelectrolyte Materials of Students’ X Grade of the Science Class Students. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 76-83. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v9i1.4864
Indarta., Yose., Jalinus, N., Waskito., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Junedi., Beni., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dalam Proses Pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963
Maulida., & Agustina, N. R. (2018). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) pada Materi Usaha dan Energi. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 14-19.
Mu’minah., Halimatul, I., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Arts and Matematics) dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 65-73. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105
Noorjanah., Dwi, A., Astuti, R., & Sa’diyah, H. (2023). Profil Laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Karangdowo Tahun Ajaran 2021/2022. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 01-15. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.473
Nurhaedah., Supriadi., & Satriani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di Kabupaten Gowa. Al Gazali : International Journal of Educational Research, 3(1), 65-74. https://doi.org/10.59638/aijer.v3i1.140
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Sahratullah., & Rahmawati, F. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Bioteknologi Berbasis Guided Inquiry untuk Peserta Didik SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 474-481. https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1461
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256-1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233
Tyansha, R. A., Kusnadi., & Purwianingsih, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Personal Digital Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Informasi Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1249-1262. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.5707
Wulandari, T. D., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2022). Keefektifan Pembelajaran IPA Berbantuan Virtual Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP di Abad 21: Review Artikel. In Proceeding Seminar Nasional IPA XII (pp. 106-115). Semarang, Indonesia: Universitas Negeri Semarang.
Yunianto, T., Suyadi., & Suherman. (2020). Pembelajaran Abad 21 Pengaruhnya terhadap Pembentukan Karakter Akhlak Melalui Pembelajaran STAD dan PBL dalam Kurikulum 2013. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 203-214. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6339
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9438
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia