Pengembangan E-Module Keanekaragaman Makhluk Hidup Berbasis PBL Bermuatan Kearifan Lokal dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, dan Sikap Lingkungan
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Agnafia, D. N., Sutarno., & Prayitno, B. A. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Generative Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kedunggalar Ngawi. Inkuiri : Jurnal Pendidikan IPA, 6(2), 67-82. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i2.17310
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (Tenth Edition). New York: McGraw Hill Education.
Ariffiando, N. F., Susanti, A., Azaria, F. Y., & Darmansyah, A. (2023). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Bengkulu untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(1), 1-14.
Aryanti, E. D., & Arief, M. (2021). Pengembangan E-Module Berbasis Digital Flipbook pada Mata Pelajaran Kearsipan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), 24-33. https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p24-33
Aslan, A. (2021). Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction. Computers and Education, 171(May), 1-10. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237
Atabaki, A. M. S., Keshtiaray, N., & Yarmohammadian, M. H. (2015). Scrutiny of Critical Thinking Concept. International Education Studies, 8(3), 93-102. https://doi.org/10.5539/ies.v8n3p93
Aufa, M. N., Rusmansyah, R., Hasbie, M., Jaidie, A., & Yunita, A. (2021). The Effect of Using E-Module Model Problem Based Learning (PBL) Based on Wetland Environment on Critical Thinking Skills and Environmental Care Attitudes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 400-407. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.732
Azizi, A., & Rasyidi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Darul Aminin NW Aikmual Tahun 2019. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 1-8. https://doi.org/10.58258/jupe.v4i5.1271
Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 114-124. https://doi.org/10.35580/sainsmat7273642018
Hadi, K. (2017). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2), 42-52.
Hasibuan, H. A. (2022). Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal untuk Mendukung Pendidikan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 292-301. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.201
Herzon, H. H., Budijanto., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 42-46. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446
Irrubai, M. L. (2019). Implementasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Awik-awik Desa Sesaot dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sosio-Didaktika : Social Science Education Journal, 6(2), 96-109. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.14414
Irrubai, M. L., Affandi, I., & Supriatna, N. (2017). Kearifan Lokal Awik-awik Desa Sesaot dalam Perspektif Hukum Islam. Istinbath : Jurnal Hukum Islam IAIN Mataram, 16(2), 390-418. https://doi.org/10.20414/ijhi.v16i2.8
Jaenudin, A., Baedhowi., & Murwaningsih, T. (2017). The Effectiveness of the E-Module of Economics Learning on Problem-Based Learning Used to Improve Students’ Learning Outcomes. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 158(Ictte), 30-36. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.32
Khatimah, H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal untuk Peningkatan Keterampilan Penyelesaian Masalah Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 173-181. https://doi.org/10.33394/bjib.v6i2.2458
Khozin, M. N., Rahmawati, A., & Wibowo, T. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Berpendekatan Socioscientific Issue terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 51-61. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.1.6039
Laili, I., Ganefri., & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Intructional Design. Pfeiffer: A Wiley Imprint.
Loyens, S. M. M., Jones, S. H., Mikkers, J., & van Gog, T. (2015). Problem-Based Learning as a Facilitator of Conceptual Change. Learning and Instruction, 38(6), 34-42. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.03.002
Nia, N., Leksono, S. M., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan E-Modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pendipa : Journal of Science Education, 6(2), 415-421. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.415-421
Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-Modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 36-47. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.18372
Putri, A. S., & Aznam, N. (2019). The Effect of the Science Web Module Integrated on Batik’s Local Potential Towards Students’ Critical Thinking and Problem Solving (Thinking Skill). Journal of Science Learning, 2(3), 92-96. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i3.16843
Qodriyanti, A., Yarza, H. N., Irdalisa, I., Elvianasti, M., & Ritonga, R. F. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa di Salah Satu MAN pada Materi Pelestarian Lingkungan. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(1), 111-116. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/643
Qomariyah, W., Al Muhdhar, M. H. I., & Suarsini, E. (2019). Implementasi Modul Berbasis Problem Based Learning dengan Metode SQ3R Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 374-381. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12134
Rahmadila, R., Permana, D., Musdi, E., & Suherman. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan E-Module untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 26-37. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13207
Rahmawati, D., Sajidan, S., & Ashadi, A. (2018). Analysis of Problem Solving Skill in Learning Biology at Senior High School of Surakarta. Journal of Physics : Conference Series, 1006(1), 1-5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012014
Rahmawati, S., Rafsanjani, T. A., Suhirno., & Abshor, D. A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 1-10.
Rejeki, S., Adnan, A., & Azis, A. A. (2022). Uji Kepraktisan LKPD Berorientasi HOTS pada Materi Biologi Semester Genap Kelas X di SMA Kristen Rantepao. Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 218-231. https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.7775
Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 160-175). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Implementation of E-Module Flip PDF Professional to Improve Students’ Critical Thinking Skills Through Problem Based Learning. Journal of Physics : Conference Series, 1521(4), 1-10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042085
Sofiana, L., Nofisulastri., & Safnowandi. (2023). Pola Distribusi Siput Air (Gastropoda) sebagai Bioindikator Pencemaran Air di Sungai Unus Kota Mataram dalam Upaya Pengembangan Modul Ekologi. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 3(3), 133-158. https://doi.org/10.36312/biocaster.v3i3.191
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan, 2(3), 264-275. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
Sueb., & Damayanti, J. (2021). The Effect of Macrozoobenthos Diversity Module Based on Problem-Based Learning on Junior High School Students’ Environmental Attitudes. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 400-406. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.30766
Sujiono., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Tema Gerak untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(3), 685-693. https://doi.org/10.15294/usej.v3i3.4287
Susanti, S., Masriani., & Hadi, L. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Khatulistiwa), 6(11), 1-10.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 6(1), 11-16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Titin., & Yokhebed. (2018). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(1), 77-86. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i1.23701
Ural, E., & Dadli, G. (2020). The Effect of Problem-Based Learning on 7th-Grade Students’ Environmental Knowledge, Attitudes, and Reflective Thinking Skills in Environmental Education. Journal of Education in Science, Environment and Health, 6(3), 177-192. https://doi.org/10.21891/jeseh.705145
Wahyuningtyas, R. S., & Simanjuntak, F. N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pro-Life, 7(3), 275-287. https://doi.org/10.33541/jpvol6Iss2pp102
Watoni, S. E., Ngabekti, S., & Wijayanti, N. (2021). Development of Lombok Island Environmental Change E-Module to Improve Environmental Literacy and Data Literacy of High School Students. Journal of Innovative Science Education, 11(2), 156-169. https://doi.org/10.15294/jise.v10i1.51081
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Conference : 2nd Science Education National Conference (pp. 1-18). Madura, Indonesia: Universitas Trunojoyo Madura.
Zulkhi, M. D., Rusdyanti., & Astari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 866-873. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4580
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9414
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia