Profil Creative Thinking Siswa SMA di Lombok : Habits of Mind
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA di Sekolah Dasar. Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(2), 170-175. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831
Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1143-1154. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1143-1154
Arvyati., Ibrahim, M., & Irawan, A. (2015). Effectivity of Peer Tutoring Learning to Increase Mathematical Creative Thingking Ability of Class XI IPA SMA 3 Kendari 2014. International Journal of Education and Research, 3(1), 613-628.
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 10(1), 68-77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconceptions in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989-1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a
Heldina, T., & Alberida, H. (2021). Students’ Creative Thinking Skills at SMAN 1 Basa Ampek Balai. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 24(2), 472-475. http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v24.2.2638
Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21 : Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85-92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Kaufman, S. B., Quilty, L. C., Grazioplene, R. G., Hirsh, J. B., Gray, J. R., Peterson, J. B., & Deyoung, C. G. (2015). Openness to Experience and Intellect Differentially Predict Creative Achievement in the Arts and Sciences. Journal of Personality, 84(2), 1-11. https://doi.org/10.1111/jopy.12156
Kurnia, A., Sukarmin., & Sunarno, W. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Pilihan Ganda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 27-32. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.1147
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mehta, R., & Dahln, W. D. (2019). Creativity Research: Past, Present, and Future. Creativity Research Journal, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.1002/arcp.1044
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44-52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Nugraha, T., Fuadah, U. S., & Amalia, A. (2020). Aplikasi Discovery Learning Menggunakan Tali (Track a Line Idea) untuk Mendeteksi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 9-17. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.25087
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174-179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.113
Purwati, S., & Alberida, H. (2022). Profile of Students' Creative Thinking Skills in High School. Thinking Skills and Creativity Journal, 5(1), 22-27. https://doi.org/10.23887/tscj.v5i1.45432
Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. In Proceeding Biology Education Conference (pp. 330-334). Surakarta, Indonesia: Universitas Sebelas Maret.
Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: CV. Alfabeta.
Rolia., Rosmaiyadi., & Husna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Program Linier Kelas XI SMK. Vox Edukasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 72-82. https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39
Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205-218. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9081
Sriyati, S., & Haka, N. B. (2016). Peran Asesmen Kinerja dalam Meningkatkan Habits of Mind Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 468-472). Bandung, Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia.
Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52-61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30
Tayuda, L. A., & Joko, S. (2020). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 3 Pemalang pada Konsep Solar Cell. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 128-132. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i2.5550
Türkmen, H., Sertkahya, M., & Seramik, E. (2014). Creative Thinking Skills Analyzes of Vocational High School Students. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 5(February), 74-84.
Widyaningrum, H. K. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Menghadapi Kreativitas Siswa di Masa Depan. In Proceeding International Seminar FoE (Faculty of Education) (pp. 268-277). Madiun, Indonesia: Universitas PGRI Madiun.
Yulianto, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Tingkat Habit of Mind (HoM). Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 249-268. https://doi.org/10.55927/mudima.v1i3.51
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9378
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia