Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 3 Tebas pada Materi Protista
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Agustina, L., & Indana, S. (2021). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Protista Menggunakan Four Tier Test. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 60-67. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p60-67
Andriani., Suriyatman., & Muslimin. (2020). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bentuk Essay yang Dibuat oleh Guru Fisika SMA di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(2), 95-98.
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 161-169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570
Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Education : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(1), 41-51. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.148
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
______. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azwar, S. (1986). Reliabilitas dan Validitas : Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahasuan, N. R., Safnowandi., & Armiani, S. (2022). Problematika dalam Pembelajaran Kelas Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPA. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(4), 267-275. https://doi.org/10.36312/ejiip.v2i4.132
Berutu, A. H. M., & Tambunan, H. I. M. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109-115. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Fauzi, A., & Mitalistiani. (2018). High School Biology Topics that Perceived Difficult by Undergraduate Students. Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 73-84. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1242
Hadiprayitno, G., Muhlis., & Kusmiyati. (2019). Problems in Learning Biology for Senior High Schools in Lombok Island. Journal of Physics : Conference Series, 1241(1), 1-8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1241/1/012054
Handoko, R., & Sipahutar, H. (2016). Analisis Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013 di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 39-47. https://doi.org/10.24114/jpp.v4i1.3681
Husnah, H., Nerita, S., & Safitri, E. (2023). Analysis of Student Difficulties in Learning Biology. Journal of Biology Education Research (JBER), 4(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.55215/jber.v4i1.5963
Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademika.
Koryati, D., Jaenudin, R., & Aisyah. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v4i1.5572
Lopes, D., Moreira, I. X., Ribeiro, C., & Gocalves, A. (2019). Impacts of Environment and School Facilities on Student Learning Achievement in Secondary School. Journal of Innovative Studies on Character and Education, 3(2), 256-269.
Nadila., Adison, J., & Triyono, T. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA N 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman. Journal on Education, 5(4), 727-737.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah : Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pratiwi, N., Karolina, A., & Warsah, I. (2020). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Akhlak Anak : Studi di MTs Muhammadiyah Curup. Incare : International Journal of Education Resources, 1(4), 280-297. https://doi.org/10.59689/incare.v1i4.103
Rahmah, A., & Hia, Y. D. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMAN 2. Economica : Journal of Economic and Economic Education, 3(1), 71-78. http://dx.doi.org/10.22202/economica.2014.v3.i1.239
Riki, A., Ningsih, K., & Yeni, L. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Protista Kelas X SMA Negeri 1 Kembayan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1-12. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26280
Sadikin, A. (2018). Penerapan Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Bioeducation Journal, 2(1), 70-75.
Sani, Y., Sari, N. F., & Harahap, R. D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Biologi. Jurnal Berkala Mahasiswa, 1(3), 13-20.
Saparuddin. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Biologi Secara Daring di SMAN 13 Takalar. Biogenerasi : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 266-274. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.2062
Sari, L. Y. (2013). Analisis Proses Pembelajaran Biologi pada Materi Protista di Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. In Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung (pp. 53-58). Lampung, Indonesia: FMIPA, Universitas Lampung.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukiya, F., & Sudarsono. (2017). Analisis Ragam Kesulitan Belajar Biologi Materi Protista MAN di Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Edukasi Biologi, 6(7), 403-413. https://doi.org/10.21831/edubio.v6i7.8172
Suyanto, I., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Kamdi, W. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Bakat Mekanik terhadap Hasil Belajar Praktik Teknik Otomotif di SMK. JINOTEP, 3(1), 90-100. http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12016p090
Wahab, N. A., Othman, M. S., & Muhammad, N. (2017). The Influence of the Mass Media in the Behavior Students: A Literature Study. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(8), 166-174. http://dx.doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i8/3218
Ziegler, B., & Montplaisir, L. (2014). Student Perceived and Determined Knowledge of Biology Concepts in an Upper-Level Biology Course. CBE Life Sciences Education, 13(2), 322-330. https://doi.org/10.1187/cbe.13-09-0175
Zunitasari, D., Hidayati, S., & Triatmanto. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Protista pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi Biologi, 5(6), 17-27. https://doi.org/10.21831/edubio.v5i6.4591
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9347
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia