Deskripsi Kemampuan Komunikatif dan Kolaboratif Mahasiswa Pendidikan Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Hendrawanto, Y., & Mulyani, M. (2017). Kelayakan Kebahasaan dan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 58-62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i2.246
Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 11-21. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838
Nadhiroh, P. S., & Trilisiana, N. (2020). Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Berbasis Proyek. Epistema, 1(1), 23-30. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32322
Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269-274. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15236
Purnamawati, H. (2021). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 664-668. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521
Purwanto, M. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riani, W. S., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan antara Self Efficacy dan Kecemasan saat Presentasi pada Mahasiswa Univeristas Esa Unggul. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 12(1), 1-9.
Saeful, K. S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal Pakar Guru, 2(2), 189-195.
Titin., Ferella, E., & Sundawiyani, G. (2022). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tanjungpura dalam Mengelola Sampah Menjadi Produk. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 613-619. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.5164
Widyaningsih, E. E. (2017). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) sebagai Upaya Optimalisasi Kontribusi Anggota Kelompok dalam Praktikum IPA Materi Cahaya. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 57-60. https://doi.org/10.20961/jmpf.v7i2.31468
Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis pada Calon Guru Biologi. Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2), 94-97. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.36154
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (pp. 1-18). Madura, Indonesia: Universitas Trunojoyo Madura.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9318
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia