Implementasi LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan Pictorial Riddle untuk Hasil Belajar Biologi
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68-76. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11183
Budiutomo, T. W. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penilaian Proses Belajar Mengajar. Academy of Education Journal, 6(1), 52-64. https://doi.org/10.47200/aoej.v6i1.125
Edi, F. R. S. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera.
Edwar, S. N., Roza, Y., & Kartini. (2021). Development of Students Work Sheets (LKPD) with a Problem Based Learning Model (PBM) in the Context of Riau Traditional Games in Circle Materials. Journal of Educational Sciences, 5(2), 374-382. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jes.5.2.p.374-382
Febriana, M., Al Asy’ari, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 4(1), 6-12. http://doi.org/10.25273/jpfk.v4i1.1879
Febriyanti, N., & Wati, W. (2018). Pictorial Riddle: Pengaruhnya terhadap Domain Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 255-261. http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3600
Hernanda, H. B., Utami, S., & Kiswardianta, R. B. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan Pictorial Riddle pada Sub Materi Jaringan Hewan dan Tumbuhan Siswa SMP Kelas VII. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (pp. 225-234). Madiun, Indonesia: Universitas PGRI Madiun.
Iskandar, D., & Senam. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia SMA Lulusan UNY dalam Mengembangkan Soal UAS Berbasis HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 65-72. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4533
Jaenudin, R., Chotimah, U., Farida., & Syarifuddin. (2020). Student Development Zone: Higher Order Thinking Skills (Hots) in Critical Thinking Orientation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(9), 11-19. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i9.1884
Luzyawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Alat Indera melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. EduSains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 9-21. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.732
Maliasih., Hartono., & P, N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222-226.
Payadnya, I. P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Pramesti, A. A., & Sukardiyono. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Menengah Atas Kelas X pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(4), 294-303.
Rapih, S., & Sutaryadi. (2018). Perpektif Guru Sekolah Dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): Pemahaman, Penerapan, dan Hambatan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 78-87. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560
Ristontowi., Masri., Kashardi., Kasmuruddin., & Efendi, R. (2022). Mathematical Problem-Solving Ability Through Pictorial Riddle-Based Inquiry Model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(12), 173-180. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v9i12.4165
Sabariah. (2020). Pemanfaatan Hasil Evaluasi dan Refleksi Pelaksanaan Evaluasi Belajar. Tazkiya : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 122-133.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-17. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Widiastuti, N. L. G. K., & Priantini, D. A. M. M. O. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 147-160. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45530
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9123
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia