Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkungan Berbasis Potensi Lokal dan Sikap Konservasi
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Agustin, P. U. W., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Potensi Lokal “Batik Lumbung dan Tahu Tamanan” untuk Siswa SMA di Kecamatan Tamanan Bondowoso (Materi Suhu dan Kalor). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 62-69. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7226
Effendi, D. S., Abidin, Z., & Prastowo, B. (2013). Model Percepatan Pengembangan Pertanian Lahan Rawa Lebak Berbasis Inovasi. Pengembangan Inovasi Pertanian, 7(1), 177-186. https://doi.org/10.21082/pip.v7n4.2014.177-186
Ibrohim. (2015). Pengembangan IPA/Biologi Pembelajaran Berbasis Discovery/Inquiry dan Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan dan Sikap Ilmiah serta Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterepreneurship II (pp. 1-19). Semarang, Indonesia: Universitas PGRI Semarang.
Lamasai, M. M., A, M. A., & Puadi, R. I. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung. Jurnal Kreatif Online, 5(3), 132-144.
Marlina, R. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Lokal dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1052-1060. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2064
Masihu, J. M., & Augustyn, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ekosistem Berbasis Potensi Lokal di Maluku. Biodik, 7(3), 133-143. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13250
Muthmainah., Nurmiyati., & Dwiastuti, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Topik Ekosistem terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X. In Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS (pp. 293-298). Surakarta, Indonesia: Universitas Sebelas Maret.
Ratnaningsih., & Imtihana, E. R. (2023). Analisis Potensi Lokal Pantai Pidakan sebagai Sumber Belajar IPA Sekolah Dasar. Journal of Basic Learning and Thematic, 1(1), 38-47.
Rezeky, S. M. (2022). Kerentanan Masyarakat dalam Pengelolan Rawa Lebak di Desa Tapus Kabupaten Ogan Komerin Ilir. Muqoddima : Jurnal Pemikiran dan Riset Sosiologi, 3(1), 49-60. https://doi.org/10.47776/mjprs.003.01.04
Sari, R. U., Rusdarti., & Syamwil, R. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Sekolah Kejuruan Wilayah Kalimantan Barat. Journal of Vocational and Career Education, 2(2), 87-95. https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13858
Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 51-57. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
Sriyati, S., Ivana, A., & Pryandoko, D. (2021). Pengembangan Sumber Belajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Dadiah untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 168-180. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2020). Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatan Kompetensi Profesional Guru IPA. Jurnal SOLMA, 9(1), 121-130. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4406
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9071
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia