Penerapan Teams Game Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Submateri Struktur dan Fungsi Reproduksi Manusia
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Adnan., Muharram., & Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-Book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(2), 112-119. https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11773
Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains dalam Kurikulum dan Pembelajaran IPA SMP. In Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains” (pp. 602-607). Surabaya, Indonesia: Universitas Negeri Surabaya.
Arif, L., & Samidjo, S. (2018). Hubungan Antara Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Kejuruan dengan Hasil Belajar Gambar Teknik. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 92-97. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2865
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arnita. (2021). Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Tematik. Al-Aulia : Jurnal Pendidikan dan Ilmu-ilmu Keislaman, 7(1), 16-26.
Asmaniyah. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas XI IPA MAN Bangkalan. Jurnal Pendidikan Lampu, 8(2), 36-44. https://doi.org/10.34557/jpl.v8i2.198
Basri. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa. Sosial Humaniora Sigli, 1(2), 89-94. https://doi.org/10.47647/jsh.v1i2.127
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(1), 9-19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Elisa, S. (2013). Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Skripsi. Universitas Airlangga.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.
Eva, O. (2022). Penerapan Metode Team Games Tournament (TGT) Berbantu Media Pembelajaran Ludo pada Pembelajaran Tematik terhadap Minat Belajar Kelas III SD/MI. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Fathurrohman, M. T. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 975-982.
Ginting, M. N. B., & Helmi, B. (2021). Peran Model Pembelajaran Example Nonexample Masa Pandemi Covid-19 terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Siswa Kelas VIII SMPN 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 1(2), 88-94. https://doi.org/10.55081/jumper.v1i2.493
Hikmah, M., Anwar, Y., & Hamid, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049
Kurniawan, B. (2019). Pengaruh Model TGT Berbantu Media Pinball terhadap Hasil Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(1), 23-28. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17280
Pearson, N., Braithwaite, R. E., Biddle, S. J. H., van Sluijs, E. M. F., & Atkin, A. J. (2014). Associations Between Sedentary Behaviour and Physical Activity in Children and Adolescents: Meta‐Analysis. Obesity Reviews, 15(8), 666-675. https://doi.org/10.1111/obr.12188
Primandari, P. A., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Perbedaan Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT dan STAD dengan Multimedia Interaktif Ceria terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 83-91. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.82
Puspitasari, L. (2015). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Peningkatan Pembelajaran IPA di Kelas V. Kalam Cendekia, 4(2), 120-125.
Putra, D. A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK di Kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Painan. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Rachman, R., & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 4(2), 90-97. https://doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828
Rahman, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 171-180. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.95
Ratnasari, D., Amelia, E., & Suhartono, A. (2020). Motivasi dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Ekosistem. Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 27-34. https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i1.2303
Romanda, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V di MI Al-Fajar Pringsewu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sari, R. D. K., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton pada Tema 6. MODELING : Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 208-220. https://doi.org/10.36835/modeling.v9i1.1206
Setiyadi, M. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 22-28. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710
Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(1), 13-21. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21
Sutrisna, N., & Sasmita, P. R. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 5(2), 34-39. https://doi.org/10.31539/spej.v5i2.3849
Tarmadiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 26-37. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972
Wardani, K., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2014). Pengaruh Sikap dan Perilaku Guru pada Saat Mengajar di Kelas. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(5), 1-15.
Yatno, T. (2019). Keterkaitan Tradisi Ulambana dengan Penguatan Karakter Bangsa. Vijjacariya : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis, 6(1), 21-34.
Yudhistira, M. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Konsep Sistem Reproduksi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 356-364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9000
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia