Kelayakan Media Interaktif Berbasis Nearpod pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Afrilian, T. I., & Sudiman, B. (2021). Pengaruh Media Online Quiz (Quizizz) dan Non-Quiz terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika selama Pembelajaran Daring Kelas 2 SD Muhammadiyah 14 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 3083-3092.
Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia : Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 135-148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Baalwi, M. A., & Aulia, U. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Nearpod pada Tema 6 Subtema Perubahan Energi Kelas III MI Roudlotul Mustashlihin Sukodono. Jurnal Muassi Pendidikan Dasar, 1(1), 54-68. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.9
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida : Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116-137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Chandler, I., Ryan, C. F., John, B. C., James, B. W., & David, H. C. (2016). Enhancement of Cricothyroidotomy Procedural Competency using Cadaver Autograft. Western Journal of Emergency Medicine, 20(2), 357-362. https://doi.org/10.5811/westjem.2018.10.37958
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 95-104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 33-48. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Faradisa, A. R., Fianti, S. I., Cristyanty, V., Yusuf, S. M., & Cahyani, V. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. In PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar (pp. 106-116). Ponorogo, Indonesia: Tadris IPA IAIN Ponorogo.
Fareza, H. I., & Zuhdi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod dalam Materi Perkembangbiakan pada Tumbuhan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JPGSD : Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 11-21.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional (pp. 93-97). Yogyakarta, Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943-2952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2511
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini, S. (2015). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bola Voli Menggunakan Media Interaktif di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123-128. http://dx.doi.org/10.17977/pj.v25i1.4908.g1295
Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Lisanuna : Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 9(2), 140-155. http://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738
Hasibuan, R. F., & Sylvia, I. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Inquiry pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Gasan. Jurnal Sikola : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 44-52. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.59
Ismah, R., & Zuliarni. (2022). Pengembangan Desain Pesan Berbasis Platform Nearpod pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VII SMP. Akselerasi : Jurnal Ilmiah Nasional, 4(2), 33-39. https://doi.org/10.54783/jin.v4i2.560
Isnaini, I., Sunimaryanti, S., & Andre, L. (2021). Assessment Principles and Practices Quality Assessments in a Digital Age. Spektrum : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(2), 287-296. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i2.112711
Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121-130. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458
Khairiyah, U., Faizah, S. N., & Lestari, A. D. (2021). Quizizz bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Made Lamongan. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 125-131. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2690
Kirom, A. (2021). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80.
Koo, T. K., & Li, M. Y. (2016). A Guideline of Selecting and Reporting Intraclass Correlation Coefficients for Reliability Research. Journal of Chiropractic Medicine, 15(2), 155-163. https://doi.org/10.1016/j.jcm.2016.02.012
Kurnia, L. (2022). Aplikasi Kuis Interaktif dalam Pembelajaran IPA Terpadu dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. JESS : Journal Education Social Science, 2(1), 51-61.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Lisiswanti, R., Oktadoni, S., & Windarti, I. (2015). Peranan Media dalam Pembelajaran Matematika SLTP. Jurnal Kesehatan, 6(1), 102-105. https://doi.org/10.26630/jk.v6i1.37
Mamonto, F., Umar, M. K., & Paramata, D. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jambura Physics Journal, 3(1), 54-63. https://doi.org/10.34312/jpj.v3i1.8137
Maryam, A., Raharjo, R., & Purnama, E. R. (2018). Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Melatihkan Keterampilan Proses. BioEdu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 201-209.
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra : Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 13(2), 1-9. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259
Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android melalui Aplikasi Quiziz pada Pelajaran Matematika VI SDN Karang Tengah 06. Pensa : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 280-296. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1359
Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 80-90. https://doi.org/10.24853/pl.4.2.80-91
Nurmasita, N., Ismail, M., & Fauzan, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Nearpod pada Mata Pelajaran PPKn di MTsN 2 Mataram. Manazhim, 4(2), 308-318. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1805
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat : Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-181. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Oktaviani, E., Daningsih, E., & Marlina R. (2021). Kelayakan Booklet Submateri Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Tanaman Monokotil. Edunaturalia, 2(1), 7-13. http://dx.doi.org/10.26418/edunaturalia.v2i1.45188
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 11-21. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.17966
Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(02), 53-60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397
Permatasari, D. A. (2022). Peningkatan Motivasi dan Konsentrasi Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Game Kahoot di Tingkat Sekolah Menengah Atas. In SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I) (pp. 578-585). Denpasar, Indonesia: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.
Pramana, I. B. W., Fitriani, H., & Safnowandi, S. (2022). Pengaruh Metode Mind Map dengan Media Komik terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 2(2), 71-87. https://doi.org/10.36312/bjkb.v2i2.68
Primayana, K. H. (2019). Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (pp. 321-328). Singaraja, Indonesia: STAHN Mpu Kuturan Singaraja.
Pujiatna, T. (2018). Penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Menulis Mahasiswa Baru sebagai Bahan Penyusunan Silabus Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 91-99. http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.925
Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis PBL pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 155-163. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.47031
Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Alotrop : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2), 168-174. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17138
Rahmawan, F. E., Sumaryanto, T., & Supriyadi, S. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Bernyanyi Berbasis Android. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 5(1), 81-89. https://doi.org/10.15294/jrer.v5i1.14888
Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Ittihad : Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 130-154. https://doi.org/10.18592/ittihad.v13i23.1737
Saadah, M., & Suhartini, R. (2017). Pembuatan Media Interaktif pada Materi Grading Pola Dasar. Jurnal Online Tata Busana, 6(1), 42-51. https://doi.org/10.26740/jotb.v6n1.p%25p
Sabarrini, M. A., Fanika, F., Rusdiana, D., & Suwarna, I. R. (2022). Pengembangan Media untuk Kegiatan Pembelajaran Berbasis E-Media Nearpod pada Materi Hukum Hooke. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 8(1), 38-43. https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i1.32131
Sardi, M. F., & Anistyasari, Y. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI). Jurnal IT-EDU, 5(1), 389-397.
Sari, D. P., & Sari, P. P. (2021). Peran Media Gambar Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MIN 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(1), 114-121.
Saskia, A., Aziz, R., & Yaqin, M. Z. N. (2022). Model Blended Learning sebagai Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8640-8645. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3725
Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala, 11(1), 101-115. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105
Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan WhastsApp sebagai Solusi di Tengah Penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh : Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144-159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946
Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Natural Science Education Research, 1(1), 28-39. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4171
Syam, N. (2017). Pengembangan Media Tutorial Pembelajaran IPA Berbasis Web untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Pallangga. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 156-174. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i2.621
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-41. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304
Wahyudi, W., Nurhidayah, D. A., & Febriyanti, D. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Nearpod sebagai Inovasi Pembelajaran di Sekolah MI Muhammadiyah Ponorogo. Mafaza : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 160-171. https://doi.org/10.32665/mafaza.v2i2.1148
Wami. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian-bagian Tubuh dan Kegunaannya dengan Menggunakan Media Gambar. JPG : Jurnal Penelitian Guru, 1(1), 1-7.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43-48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Invotek : Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.8961
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia