Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Budiarti, H. (2010). Perbedaan Hasil Belajar Sistem Gerak pada Tumbuhan Menggunakan Media Permainan Link and Match dengan Pembelajaran Multi Model pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Surakarta. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 404-413). Surakarta, Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.
Ennis, R.H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 43(2), 44-48.
______. (2011). The Nature of Critical Thinking: an Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Champaign: University of Illinois.
Fadhli, A.N. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Kuala Nagan Raya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Fauziah, L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI pada Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Humairo, N.K.F. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas IX SMP/MTs. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Kalambo, I.E., Yunus, M., dan Husain, H. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Anggeraja melalui Metode Praktikum (Studi pada Materi Titrasi Asam dan Basa). ChemEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 2(2), 47-54.
Lai, E.R. (2011). Critical Thinking: A Literature Review Research Reports. London: Parsons Publishing.
Leicester, M., and Taylor, D. (2010). Critical Thinking Across the Curriculum. New York: McGraw-Hill Open Unversity Press.
McCusker, K., and Gunaydin, S. (2015). Research Using Qualitative, Quantitative or Mixed Methods and Choice Based on the Research. Perfusion, 30(7), 537-542.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., dan Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rizky, I. (2014). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran (Video) pada Materi Minyak Bumi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY, 4(1), 38-54.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Zubaidah, S., Corebima, A.D., dan Mistianah. (2018). Assesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symbion: Symposium on Biology Education, 1(1), 200-213.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.8541
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia