Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Aek Natas
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Amelia, Y., & Darussyamsu, R. (2020). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19. Bioilmi : Jurnal Pendidikan, 6(2), 86-93. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6980
Amjah, D. Y. P. H. (2014). A Study of Teachers’ Strategies so Develop Students’ Interest Towards Learning English as a Second Language. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 134(1), 188-192. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.238
Arikunto, S., Supardi., & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas : Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231-238. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Fernandez, V., Tunnisa, L. F., Aulia, N. R., & Hidayati, N. (2021). Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Media Powerpoint. Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 17-22. https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2993
Hartono., Ramadian, F., & Ariska, M. (2021). Persepsi Siswa SMA terhadap Pelajaran IPA (Kimia, Fisika, dan Biologi) di Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 (pp. 1-12). Palembang, Indonesia: Universitas Sriwijaya.
Hunaepi., Ikhsan, M., Suwono, H., & Sulisetijono. (2021). Curiosity in Learning Biology: Literature Review. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran MIPA IKIP Mataram, 9(2), 343-353. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.4272
Kurniawati., Herayanti, L., Putrayadi, W., & Armansyah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Reflection Journal, 2(2), 56-63. https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.1091
Lambert, N., Chen, Y. N., Cheng, Y. C., Li, C. M., Chen, G. Y., & Nori, F. (2013). Quantum Biology. Nature Physics, 9(1), 10-18. https://doi.org/10.1038/nphys2474
Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri. Kelola : Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130-145. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145
Mayarni., Hadawiyah, W., Irdalisa, I., & Nisa, R. A. (2021). Keterampilan Berpikir Kreatif Biologi Siswa Kelas X Melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sains (Audiovisual): Bahasa Indonesia. Reflection Journal, 1(2), 52-62. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.646
Nurdiana., Hunaepi., Ikhsan, M., Suwono, H., & Sulisetijono. (2023). Exploring Curiosity and Critical Thinking Skills for Prospective Biology Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 131-138. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.23302
Nurwahidah., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70-76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556
Sahrul., Mirawati, B., Majid, A., & Fajri, S. (2022). Korelasi Keterlaksanaan Pembelajaran Biologi dengan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Reflection Journal, 2(1), 7-16. https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.588
Salsabila, A. M., Rusyana, A., & Sopyan, T. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X Program Lintas Minat pada Mata Pelajaran Biologi dengan Menggunakan Google Meet. J-KIP : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 720-724. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8652
Sholikhah, F. N., & Wahidah, Z. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guru Biologi di Pasuruan: Analisis Persepsi Siswa. Alveoli : Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 16-29. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.20
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122-131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati., Hunaepi., Samsuri, T., Harisanti, B. M., & Afian, T. (2021). Pembelajaran Daring dalam Persepsi Mahasiswa. Reflection Journal, 1(1), 33-42. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.531
Suryati., Hariono, A. F., & Ferazona, S. (2022). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Biology and Education Journal, 2(1), 11-23.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.8459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia