Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berdiferensiasi Berbasis Multiple Intelligence terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53. http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Ariq, M. I., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas E-LKPD “Ekosistem” Berbasis Saintifik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 562-571. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p562-571
Astutik, I. P., Susanto, J., & Huda, C. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita SDN 3 Dorang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Handayani, 12(1), 61-66. https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26229
Avandra, R., & Desyandri. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas VI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944-2960. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.618
Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Istiqra’ : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(1), 86-100.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What it is and Why it Counts. California: Insight Assessment.
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosis. Jurnal VARIAN, 2(1), 31-36. https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Gaol, B. K. L., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V SD. PAJAR : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(3), 767-782. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement vs. Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hikam, S. M, Setiono., & Ramdhan, B. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Komputasi Peserta Didik di MAN Kota Sukabumi Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 58-66. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19154
Isnaeni, S., Ramdhan, B., & Setiono. (2021). Profil Disposisi Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Jurnal Biotek, 9(1), 48-59. https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.13533
Kaselin., Sukestiyarno., & Waluya, B. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 2(2), 121-127.
Koasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Latifah, N., Ashari., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JIPS : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.37729/jips.v1i1.570
Lubis, W. I. Y., & Molliq, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di SMA Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2017/2018. Paradikma : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 54-60. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22917
Marpaung, J. L., Sutrisno, A., & Lumintang, R. (2017). Penerapan Metode Anova untuk Analisis Sifat Mekanik Komposit Serabut Kelapa. Jurnal Online Poros Teknik Mesin, 6(2), 151-162.
Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno. (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika, 24(1), 20-29. https://doi.org/10.19184/saintifika.v24i1.29659
Noer, H. A., Setiono., & Pauzi, R. Y. (2020). Profil Kemampuan Argumentasi Siswa SMP pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 138-144. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17702
Nurhasmiranti., Fatimah, A., Fitria, D. V., Syarwandi, R. M., & Adiputra, M. J. (2022). Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dengan Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik (Vak). AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 17(2), 60-65. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i2.260
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. JPFT : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 6(1), 53-55.
Putriningtyas, A., Muhlis., & Bachtiar, I. (2022). Perkembangan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Biologi di MAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1534-1542. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.746
Sababalat, D. F., Sanga, L., Purba, L., & Sormin, E. (2021). Matematika dan Sains Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Online terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, 6(1), 207-218. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2959
Setiono., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., & Anggraeni, S. (2022). Inquiry Skills for Biology Teacher Candidates in Plant Anatomy Practicum. Journal on Biology and Instruction, 1(2), 80-87. https://doi.org/10.26555/joubins.v1i2.4097
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP : Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30. http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Simbolon, P., Harahap, R., Simanungkalit, P., & Simanjuntak, A. A. (2018). Pengembangan Modul Ekosistem Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SMA. Jurnal Education and Development, 5(2), 45-51. https://doi.org/10.37081/ed.v5i2.413
Sit, M. (2021). Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini dengan Permainan Tradisional. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Suciati., Utami, D. P., & Arsini, N. P. A. (2020). Uji Homogenitas Tepung Ikan pada Sampel Uji Banding Antar Laboratorium di Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan. Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur, 18(2), 139-143. https://doi.org/10.15578/BLTA.18.2.2020.139-143
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
______. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Utami, Y. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook dalam Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Thesis. Universitas Jambi.
Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. Pendasi : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 139-150. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267
Wenning, C. J. (2010). Levels of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science. Journal Physics Teacher Education Online, 5(3), 11-20.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.8405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia