Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Sragen dalam Menyusun Modul Ajar Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Andriani, S., Hidayat, S., dan Indawan. (2021). Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 457-471.
Ariyati, E. (2018). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Biologi Menyusun RPP pada Praktik Microteaching. Edukasi: Jurnalpendidikan, 16(1), 82-92.
Arviansyah, M.R., dan Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50.
Asrul, dan Lasaiba, M.A. (2022). Analisis Tingkat Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru SMP Negeri 21 Ambon. Jurnal Jendela Pengetahuan, 15(1), 38-45.
Astriani, M., Indriani, C., Hidayat, S., dan Wardhani, S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran pada Kondisi Tatap Muka Terbatas Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 74-81.
Haka, N.B., Yohana, R., dan Puspita, L. (2020). Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Perangkat Evaluasi Pembelajaran. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 73-88.
Ita. (2021). Analisis Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. EduBiologia, 1(2), 115-120.
Izza, A.Z., Falah, M., dan Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. In Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan (pp. 11-15). Pekalongan, Indonesia: Universitas Pekalongan.
Napitupulu, D.S. (2020). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama.
Oka, D.N., Adi, N.N.S., dan Wati, N.M.S. (2021). Penguatan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Widyadari, 22(1), 355-370.
Prasetyo, A.R., dan Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 42-55.
Ruslan, Sahid, dan Pratiwi, N.I. (2022). Ability Analysis of Pedagogical Content Knowledge of Prospective Teacher Students Majoring in Mathematics. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 72-79.
Siregar, M., Harahap, F., dan Sipahutar, H. (2016). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Biologi SMA Se-Kota Binjai. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 87-93.
Situmorang, R.P. (2019). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Kemampuan Guru Biasa Pra Pelayanan Berbasis Rencana Pelajaran dan Praktek Pengajaran. EDUSAINS, 11(1), 86-92.
Sutrisno, A., Copriady, J., dan Anwar, L. (2023). Analisis Kemampuan TPACK Guru Kimia di Kuantan Singingi dan Kota Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 7(1), 12-20.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.8311
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia