Pengaruh Pembelajaran Accelerated Include Blended Learning Berbasis Penguatan Karakter Mahasiswa
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Anggraini, A.D., Wonorahardjo, S., dan Utomo, Y. (2016). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Berbasis Community on Inquiry (CoI) Ditinjau dari Belajar Kognitif Mahasiswa pada Materi Kromatografi. In Prosiding Seminar Nasional II (pp. 1038-1046). Malang, Indonesia: Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Malang.
Aslam, S. (2015). A Comparative Study of Blended Learning Versus Traditional Teaching in Middle School Science. In Conference Proceedings: The Future of Education (p. 436). Florence, Italy: Filodiritto Editore.
Boden, M., Zimmerman, L., Azevedo, K.J., Ruzek, J.I., Gala, S., Magid, H.S.A., Cohen, N., Walser, R., Mahtani, N.D., Hoggattl, K.J., and McLean, C.P. (2021). Addressing the Mental Health Impact of Covid-19 Through Population Health. Clinical Psychology Review, 85(102006), 1-14.
Boil, S., Syahril, S., dan Wakhinuddin, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Mimbar Ilmu, 26(1), 52-59.
Damayanti, T.S., dan Sadtyadi, H. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kedisiplinan Siswa pada Pembelajaran Agama Buddha. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 96-105.
Dewa, M.D.P.N. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472-484.
Heriansyah, M., dan Kurniawan, D. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2), 1-5.
Kusmayadi, Y. (2017). Hubungan antara Pemahaman Sejarah Nasional Indonesia dan Wawasan Kebangsaan dengan Karakter Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Galuh Ciamis). Jurnal Agastya, 7(2), 1-19.
Latifah, L., dan Bariyah, K. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Token Ekonomi untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 51-56.
Marindasari, D.P., Chumdari, dan Atmojo, I.R.W. (2013). Pengaruh Penerapan Model Accelerated Learning Tipe Master terhadap Pencapaian Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPA. Didaktika Dwija Indria, 1(6), 1-6.
Monica, M.M., dan Rahmadi. (2017). Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(1), 41-46.
Partawibawa, A., Fathudin, S., dan Widodo, A. (2014). Peran Pembimbing Akademik terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 1-8.
Putra, M.F.P., Nasruddin, N., Hasan, B., dan Syarif, M.S. (2021). Jiwa Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Mahasiswa Olahraga. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 87-94.
Rahmayanti, T.E., dan Lubis, Z. (2013). Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri. Analitika: Jurnal Magister Psikologi Uma, 5(2), 43-49.
Rose, C., dan Nicholl, M.J. (2023). Revolusi Belajar Accelerated Learning for the 21st Century. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudani, N.K., Suarni, N.K., dan Setuti, N.M. (2013). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 1(1), 1-12.
Sugiarto, A.P., Suyati, T., dan Yulianti, P.D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.
Widi, U., Vitta, Y.H., dan Aden, A.G. (2020). Blended Learning: Strategi Pembelajaran Alternatif di Era New Normal. In Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 (pp. 1-10). Majalengka, Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka.
Yapici, I.U., dan Akbayin, H. (2012). The Effect of Blended Learning Model in High School Students’ Biology Achievement and on Their Attitudes Towards the Internet. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 11, 228-237.
Zuliani, D., Florentinus, T.S., dan Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 46-54.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7744
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address:Â Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia