Learning Motivation Profile of Grade XI Science Students
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Adnan, Muharram, dan Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-Book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Pengembangan E-Book Biologi, 22(2), 112-119.
Afiif, A., dan Makkulau, A.-F.B. (2017). Motivasi Belajar Biologi Siswa SMA Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua dan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(2), 62-69.
Arimbawa, I.G.P.A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324-332.
Artayasa, I.P., Marlina, D., Sipayung, D.A.S., dan Fitriatunisyah, F. (2021). Praktikum Biologi Selama Pembelajaran Online: Minat Mahasiswa dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Proses Sains. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 389-401.
Devi, N.S., Efendi, I., dan Samsuri, T. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif. Reflection Journal, 1(1), 22-32.
Hani, R., dan Suwarma, I.R. (2018). Profil Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran IPA Berbasis STEM. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 62-68.
Harefa, M., Lase, N.K., dan Zega, N.A. (2022). Deskripsi Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389.
Hastuti, R., Rahman, U., dan Muchlisah. (2019). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Bulukumba. Jurnal Al-Ahya V, 1(1), 42-52.
Hunaepi, H., Dewi, I.N., dan Sumarjan. (2019). Profiling Students’ Environmental Care Attitudes Taught Using Sasak Tribe Local Wisdom-Integrated Model. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 549-558.
Khairani, M., Sutisna, dan Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158-166.
Lianto, J.W.M. (2018). Kepadatan Populasi Uca Lactea dan Uca Coarcata pada Biotop yang Berbeda di Bengkulu. Pendidikan Biologi, 8(2012), 711-716.
Listiana, Y.R. (2021). Dampak Globalisasi terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544-1550.
Mardiyanti, M., Royani, I., dan Samsuri, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Gagnon and Collay Berbantuan Games dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Reflection Journal, 2(1), 34-45.
Mayarni, M., Hadawiyah, W., Irdalisa, I., dan Nisa, R.A. (2021). Keterampilan Berpikir Kreatif Biologi Siswa Kelas X melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sains (Audiovisual): Bahasa Indonesia. Reflection Journal, 1(2), 52-62.
Pramitasari, A. (2011). Hubungan antara Persepsi terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 9(1), 92-102.
Santosa, T.A., dan Yulianti, S. (2020). Pengaruh Pemberian Kuis terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 7(2), 1-18.
Siburian, J., Sihotang, A.B., dan Sadikin, A. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Model Flipped Classroom dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1192-1201.
Siregar, S., Nazliah, R., Hasibuan, R., Julyanti, E., Siregar, M., dan Junita. (2021). Manajemen Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika pada SMA Labuhanbatu. Jurnal Education and Development, 9(2), 285-290.
Sudarsih, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI B SDN 19 Cakranegara. Reflection Journal, 1(2), 93-99.
Utami, D.L., Wibowo, Y., dan Rahayu, T. (2017). Penyusunan Media Pembelajaran Video Animasi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasihan Bantul. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(2), 39-46.
Yustini, S., Rahmayumita, R., dan Hidayati, N. (2021). Video dan Google Classroom: Sebuah Cara untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Pagaran Tapah, Riau. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 121-132.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7083
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address:Â Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia