Penerapan Model Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Acesta, A. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 96-106.
Anggareni, N.W., Ristiati, N.P., dan Widiyanti, N.L.P.M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1), 1-11.
Ardaya, D.A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72-83.
Astini, B.N., Nurhasanah, N., dan Nupus, H. (2019). Alat Permainan Edukatif Berbasis Lingkungan untuk Pembelajaran Saintifik Tema Lingkungan Bagi Guru Paud Korban Gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1-6.
Dewi, P.S. (2016). Kemampuan Proses Sains Siswa melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Global Warming. Edusains, 8(1), 18-26.
Fadhilaturrahmi. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 109-118.
Kemendikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.
Kusumah, R.G.T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA melalui Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71-84.
Siregar, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa dan Pengelolaan Pembelajaran Guru dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 4(1), 60-65.
Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 30-43.
Widiana, I.W., Suarjana, I.M., dan Cahyani, N.L.P.N. (2020). Pengaruh Aktivitas Menanya Berbasis Masalah dengan Metode Saintifik terhadap Proses Kognitif Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(2), 331-340.
Wina, D.R., Hindarto, N., dan Prasetyo, A.P.B. (2017). Studi Kasus Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 17-27.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6435
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia