Validitas Perangkat Pembelajaran Model Flipped Classroom dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Ardila, A., Marzal, J., dan Siburian, J. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Model Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. EDUMATICA: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 65-77.
Gabena, P. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SD Negeri 0102 Barumun. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 56-60.
Goedhart, N.S., Westrhenen, N.B.V., Moser, C., and Zweekhorst, M.B.M. (2019). The Flipped Classroom: Supporting A Diverse Group of Students in Their Learning. Learning Environments Research, 22(1), 297-310.
Ismiati, S., Nasution., dan Subroto, W.T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS Topik Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktis : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 136-143.
Khasanah, B.A., dan Fadila, A. (2018). Pengembangan LKPD Geometri Transformasi dengan Motif Tapis Lampung. E-DuMath : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 59-64.
Kusumaningrum, D.E., Arifin, I., dan Gunawan, I. (2017). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat: Abdimas Pedagogi, 1(1), 16-21.
Larasati, A.D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., dan Asih, T. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Sistem Respirasi. DIDAKTIKA BIOLOGI : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 1-9.
Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 61-69.
Mudanta, K.A., Astawan, I.G., dan Jayanta, I.N.L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 262-270.
Mustofa, N.A., Mutrofin, S., dan Murtadho, M.A. (2016). Implementasi Quick Response (QR) Code pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (UML). Jurnal Antivirus, 10(1), 42-50.
Mohzana, H., Fahrurrozi, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Selong: Universitas Hamzanwadi Press.
Patandean, Y.R., dan Indrajit, R.E. (2021). Flipped Classroom Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif. Yogyakarta: Andi Offset.
Purwanti, M. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 12(1), 81-94.
Sari, N., Sunarno, W., dan Sarwanto. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17-32.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Ulfa, A.M., Siburian, J., dan Kartika, W.D. (2022). Analisis Kelayakan Panduan Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Inkuiri pada Materi Siklus Estrus. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2338-2344.
Utami, K.N., dan Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 14-25.
Wasono, B.S.B. (2021). Strategi dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Bogor : Buku Guepedia.
Widoyoko, S.E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yograkarta: Pustaka Pelajar.
Zainuddin, Z., and Halilli, S.H. (2016). Flipped Classroom Research and Trend from Different Fields of Study. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 17(3), 313-340.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6287
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia