Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1), 32-36.
Juniati, N.W., dan Widiana, I.W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.
Mudlofir, A. (2013). Pendidik Profesional. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Muslich, M. (2014). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual : Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Priansa, D.J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran (Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Purnomo, L.B. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(1), 45-57.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujana, A. (2013). Pendidikan IPA. Bandung: Rizqi Press.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta Timur: Erlangga.
Wiyoko, T., dan Astuti, N. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(1), 68-76.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i1.4647
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia