Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa pada Matakuliah Pengembangan Kurikulum IPA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Adiyanti, N.F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Tema Peristiwa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Babatan V/460 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(02), 1-11.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: SAGE Publications Company.
Handayani, S.W. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Modul. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2), 12-20.
Imaya, I.A., Budiyono, and Nurhasanah, F. (2020). Analysis of Students’ Metacognition in Solving Mathematics Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1613, 1-9.
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif : Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Litna, K.O., dan Seli, M.S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 504-510.
Mahyaeny. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Biologi Kelas VIII.5 SMPN 4 Mataram. Jurnal Pijar MIPA : Pengkajian Ilmu dan Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(2), 43-48.
Pranita, H.S., Indriwati, S.E., dan Susilo, H. (2016). Penerapan Think Pair Share Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Kelas SBM-C Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. In Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016 (pp. 846-854). Malang, Indonesia: Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang.
Susilo, H. (2013). Lesson Study sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Makalah. Sekolah Tinggi Theologi Aletheia.
Warsono dan Haryanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4278
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address:Â Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia