Tingkat Keterbacaan Bahan Ajar Flexible Learning Berbasis Kolaboratif Saintifik
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Akbari, T., Sonjaya, Y., dan Anwar, S. (2017). Analisis Keterbacaan Mahasiswa terhadap Buku Teks Terjemahan Materi Asam Basa. EduChemia : Jurnal Kimia dan Pendidikan, 2(1), 88-102.
Amelia, A., dan Fitrihidajati, H. (2018). Validitas dan Keterbacaan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Proses Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 7(3), 545-554.
Anih, E., dan Nurhasanah, N. (2016). Tingkat Keterbacaan Wacana pada Buku Paket Kurikulum 2013 Kelas 4 SD Menggunakan Formula Grafik Fry. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 181-189.
Baser, D., Yazar, O., and Hasan, K. (2017). Collaborative Project-Based Learning: an Integrative Science and Technological Education Project. Research in Science & Technological Education, 35(2), 131-148.
Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Jakarta: Universitas Terbuka.
Gopal, R., Maniam, M., Madzlan, N.A., Shukor, S.S.B., dan Neelamegam, K. (2021). Readability Formulas: An Analysis Into Reading Index of Prose Forms. SIELE : Studies in English Language and Education, 8(3), 972-985.
Haryadi. (2015). Pokok-pokok Membaca: Kajian Teoritis. Semarang: CV. Farishma Indonesia.
Hermawati, Y., Hastuti, U.S., dan Lukiati, B. (2017). Pengembangan Handout Biologi SMA "Pembuatan Nata Sari Buah Nangka". Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 9(2), 1212-1214.
Himala, S.P.T., Ibrahim, I., dan Fitrihidajati, H. (2016). Keterbacaan Teks Buku Ajar Berbasis Aktivitas pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. BioEdu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 445-448.
Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 1(1), 14-21.
Le, H., Janssen, J., and Wubbbels, T. (2017). Collaborative Learning Practices: Teacher and Student Perceived Obstacles to Effective Student Collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103-122.
Mardikaningtyas, D.A., Ibrohim, dan Suarsini, E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Berbasis Penelitian Fitoremediasi untuk Menunjang Keterampilan Ilmiah, Sikap Peduli Lingkungan, dan Motivasi Mahasiswa pada Matakuliah Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 499-506.
Mesa, V., and Griffiths, B. (2012). Textbook Mediation of Teaching: An Example from Tertiary Mathematics Instructors. Educational Studies in Mathematics, 79(1), 85-107.
Oktaviani, I.D., dan Yuliani. (2018). Validitas dan Keterbacaan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 7(2), 142-147.
Sari, K.A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, V.I. (2017). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Jenjang SMP Menggunakan Teori Fry. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(3), 1-5.
Situmorang, R.P. (2018). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 4(1), 51-57.
Viera, A.J., and Garrett, J.M. (2005). Understanding Interobserver Agreement: The Kappa Statistic. Fam Med, 37(5), 360-363.
Widyaningrum, L. (2016). Membudayakan Literasi Berbasis Manajemen Sekolah (Aplikasi, Tantangan dan Hambatan). Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 16(1), 125-144.
Wulandari, S., Suarsini, E., dan Ibrohim. (2016). Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 881-884.
Yasa, K.N., Made, S., dan Nengah, M. (2013). Kecermatan Formula Flesch, Fog Index, Grafik Fry, SMOG, dan BI sebagai Penentu Keefektifan Teks Berbahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(1), 1-12.
Yasa, K.N. (2013). Kecermatan Formula Keterbacaan sebagai Penentu Keefektifan Teks. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 238-245.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia