Praktikum Biologi Selama Pembelajaran Online : Minat Mahasiswa dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Proses Sains
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Akdon, dan Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: CV. Alfabeta.
Argaheni, N.B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.
Artayasa, I.P., Susilo, H., Lestari, U., dan Indriwati, S.E. (2017). Profil Keterampilan Proses Sains dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. In Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 (pp. 706-714). Malang, Indonesia: Pascasarjana Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang.
Artiyasa, M. (2021). Retrieved August 6, 2021, from Sukabumi Update. Interactwebsite: https://sukabumiupdate.com/posts/82742/virtual-lab-apakah-itu-dan-apa-keuntungan-dan-kekurangannya.
Aulia, F.A. (2020). Retrieved June 6, 2021, from bulplus. Interactwebsite: https://www.bulaksumurugm.com/2020/05/02/apa-kata-mereka-tentang-praktikum-jarak-jauh/.
Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Firman, dan Rahman, S.R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Gaffar, A.A. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X pada Materi Invertebrata. Jurnal Bio Educatio, 1(1), 18-25.
Hamidah, A., Sari, E.N., dan Budianingsih, R.S. (2014). Persepsi Siswa tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 49-58.
Herliandry, L.D., Nurhasanah, Suban, M.E., dan Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Herlina, D.M. (2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Perkotaan, Daerah Berkembang dan Daerah Terpencil di Sumatera Utara. Tesis. Universitas Negeri Medan.
Indrajit, R.E. (2020). Retrieved August 16, 2021, from Sevima. Interactwebsite: https://sevima.com/cara-pembelajaran-praktikum-efektif-secara-daring/.
Kurniawati, L., Akbar, R.O., dan Misri, M.A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal EduMa, 4(2), 62-74.
Masruri. (2020). Identifikasi Tahapan Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Alternatif Solusinya di SMA Negeri 1 Moga. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 11(2), 3-8.
Nwagbo, C., and Chukelu, U.C. (2018). Effects of Biology Practical Activities on Students’ Process Skill Acquisition. New York: Silo Inc.
Pusat Peningkatan Mutu dan Aktivitas Laboratorium. (2020). Retrieved August 2, 2021, from (P2MAL) Universitas Medan Area. Interactwebsite: https://p2mal.uma.ac.id/2020/12/14/sulitnya-pembelajaran-praktikum-dimasa-pandemi-covid19-di-perguruan-tinggi/.
Royani, I., dan Imran, A. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi SMA Melalui Metode Daring untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 310-316.
Sadjati, I.M., dan Pertiwi, P.R. (2013). Persepsi Mahasiswa tentang Penyelenggaraan Praktikum pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (Kasus: Program Studi Agribisnis FMIPA (Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 14(1), 45-56.
Saraswati, N.L.P.A., dan Mertayasa, I.N. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(2), 144-161.
Sudargo, F. (2012). Metapedagogi dalam Pendidikan Guru Biologi: Membangun Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum. Pidato Pengukuhan Profesor. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiharti, S., dan Sugandi, M.K. (2020). Laboratorium Virtual : Media Praktikum Online untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2 (pp. 45-51). Majalengka, Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujana, A.P., Nurhayati, S., dan Lestariningati, S.I. (2017). Sistem Aplikasi Ujian Praktikum Online Menggunakan Mini PC Raspberry PI. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 6(1), 17-20.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. The Journal of Science and Biology Education, 2(2), 49-57.
Susilo, A., Huda, N., Putra, A.A.P., dan Ludivica, E.S. (2015). Evaluasi Penyelenggaraan Praktikum Mandiri Program Studi Agribisnis Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(1), 58-67.
Widiastuti, N.H. (2016). Pengembangan E-Book Petunjuk Praktikum Materi Sistem Sirkulasi. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Kuliah Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.
Zunaidah, F.N. (2020). Implementasi Perkuliahan Daring Matakuliah Pendidikan Laboratorium IPA pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 103-115.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4032
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address:Â Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia