Analisis dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) Uji Makanan Berbasis ANCORB
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Chairani, S. (2016). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik melalui Metode Praktikum pada Materi Metabolisme di SMAN 3 Tangerang Selatan. In Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) (pp. 180-186). Tangerang Selatan, Indonesia: Universitas Terbuka.
Dewi, P.S., Saefudin, Supriatno, B., dan Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Problem Based Learning dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa pada Materi Pencemaran. In Proceeding Biology Education Conference (pp. 128-132). Solo, Indonesia: Universitas Sebelas Maret.
Hamidah, A., Sari, E., dan Budianingsih, R. (2014). Persepsi tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 49-59.
Harlis dan Budiarti, R.S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Mikologi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(2), 102-112.
Harsawati, F., Anggraeni, S., dan Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Biologi SMA pada Materi Uji Kandungan Zat Makanan. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 570-583.
Kurniasih, W., Supriatno, B., dan Anggraeni, S. (2020). Alternatif Lembar Kerja Peserta Didik Materi Osmosis Berbasis ANCORB. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 266-280.
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Rahmatilla, R., Halim, A., dan Hasan, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Aktivitas pada Materi Koloid. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1(2), 121-130.
Rochman, S., dan Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thingking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 1(2), 78-88.
Roito, E., Solihat, R., dan Wulan, A.R. (2019). Pencapaian Keterampilan Meneliti Abad Ke-21 Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Ekosistem melalui Step-by-Step Model Experiment. Assimilation : Journal of Biology Education, 2(1), 14-18.
Sedumedi, T.D.T. (2017). Practical Work Activities as A Method of Assessing Learning in Chemistry Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 1765-1784.
Sumarmin, R., dan Roza, R.K. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk MTs./SMP Kelas VII Semester II. JEP (Jurnal Eksakta Pendidikan), 3(2), 152-158.
Supriatno, B. (2013). Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Pratikum Biologi Sekolah Berbasis ANCORB untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang dan Mengembangkan Kemampuan Merancang dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
______. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. In Proceeding Biology Education Conference (pp. 1-18). Solo, Indonesia: Universitas Sebelas Maret.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 49-57.
Voogt, J., and Roblin, N. (2012). A Comparative Analysis of International Frameworks for 21st Century Competencies: Implications for National Curriculum Policies. Journal of Curriculum Studies, 44(3), 299-321.
Wahidah, N.S., Supriatno, B., dan Kusumastuti, M.N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Indonesia Journal of Biology Education, 1(2), 70-76.
Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., dan Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 263-278). Malang, Indonesia : Universitas Kanjuruhan Malang.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.3829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia