Mengintegrasikan Critical Thinking dalam Pembelajaran Kontekstual IPA di SMPN 2 Wirosari
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Bariyah, L., Budiono, J.D., dan Rahayu, Y.S. (2014). Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMPN di Kabupaten Mojokerto pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 3(3), 453-460.
Bustami, Y., Syafruddin, D., dan Afriani, R. (2018). The Implementation of Contextual Learning to Enhance Biology Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451-457.
Hariyanto, F.A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan RPP Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan “Bloom’s Taxonomy Cognitive Domain Learning Stages” pada Mahasiswa Semester VI FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(1), 423-437.
Herviani, D., dan Budiastuti, R.E. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Mahasiswa Magang di SMA Negeri 9 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (pp. 486-491). Semarang, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Semarang.
Khoiron, A.M, dan Sutadji, E. (2016). Kontribusi Implementasi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 103-106.
Kiswadi, Sunarno, W., dan Suparmi. (2016). Pembelajaran Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri, 5(3), 133-143.
Miles, M.B., dan Huberman, A.M. (2014). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.
Moleong, L.J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25-50.
Noviyanti, N.A., dan Kiswanto. (2016). Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah, Temuan Audit BPK terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Accounting Analysis Journal, 5(1), 1-10.
Redhana, I.W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.
Sadia, I.W. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Jakarta: Graha Ilmu.
Safhiana, N. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Mengintegrasikan Kecakapan Abad 21 di SMP Negeri 1 Penawangan. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Susilo, A.B. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1), 57-63.
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: CV Jasmin.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i1.3596
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia