IMPLEMENTASI WORKSHEET INKUIRI TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Astuti, A. P., & Yuliyanto, E. (2015). Pendidikan Kebencanaan Bervisi SETS, Upaya Membangun Critical Thinking Skill Siswa dalam Antisipasi Bencana. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015 (pp. 271-275). Surakarta, Indonesia: Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sebelas Maret.
Arends, R. (2012). Learning to Teach : Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.
Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145-155.
Fitriani, H., & Ikhsan, M. (2017). Implementasi Perangkat Pembelajaran Blended Community of Inquiry untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter melalui Pembelajaran Inovatif” (pp. 189-198). Mataram, Indonesia: IKIP Mataram.
Fitriani, H., Asy’ari, M., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2018). Critical Thinking Disposition of Prospective Science Teachers at IKIP Mataram, Indonesia. Journal of Physics Conference Series, 1108(1), 1-6.
______. (2019). Exploring The Prospective Teachers’ Critical Thinking and Critical Analysis Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 379-390.
Fuad, M. N., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101-116.
Goodwin, J. (2012). Biographical Research. Los Angeles: SAGE Publications.
Gularso, D., Lukitoaji, D. B., & Noormiyanto. (2017). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Kebudayaan Daerah Berbasis Local Genius, Local Wisdom, dan Riset Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10.
Hadi, A. S., Susantini, E., & Agustini. (2018). Training of Students’ Critical Thinking Skills Through the Implementation of a Modified Free Inquiry Model. Journal of Physics Conference Series, 947(1), 1-6.
Hapsari, L. W., Rosana, D., Prodjosantoso, A. K., Wilujeng, I., & Suryadarma, I. G. P. (2018). Adapting Next Generation Science Standard to Improve Using Mathematics Computational Thinking in Science Learning. Proceedings of The 5th International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (5th ICRIEMS) (pp. 113-118). Yogyakarta, Indonesia: Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Yogyakarta State University.
Hariri, A. I., Kartimi, & Mulyani, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngaseup pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Maja. Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 1-14.
Hidayat, S., & Asy’ari, M. (2015). Pengembangan Video Time Lapse Caricature (VTLK) sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Melatih Scientific Curiosity Siswa. Lensa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 307-309.
Hunaepi, Kurnia, N., & Firdaus, L. (2016). Mapping of Local Wisdom of West Nusa Tenggara to Developing Ecology Textbook. International Conference on Elementary and Teacher Education (ICETE) 2016 (pp. 250-255). Selong, Indonesia: STKIP Hamzanwadi Selong.
Hunaepi, Susantini, E., Firdaus, L., Samsuri, T., & Raharjo. (2018).Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Disposisi Berpikir Kritis Pembelajar. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(2), 47-58.
Hunaepi, Firdaus, L., Samsuri, T., Susantini, E., & Raharjo. (2020). Biology Prospective Teachers’ Critical Thinking Disposition and Critical Thinking Skills of IKIP Mataram. Journal of Physics Conference Series, 1464(1), 1-6.
Ibrahim, M. (2014). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional FPMIPA IKIP Mataram 2014. Makalah Prosiding. XV-XXIV.
Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2019). The Effectiveness of Using the Islamic Integration Module on the Critical Thinking Ability of Madrasah Ibtidaiyah Students. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(2), 180-191.
Kurniawati, A. A., Wahyuni, S., & Putra, A. D. P. (2017).Utilizing of Comic and Jember’s Local Wisdom as Integrated Science Learning Materials. International Journal of Social Science and Humanity, 7(1), 47-50.
Lau, B. Y., Mathur, P., Gould, G. G., & Guo, S. (2011). Identification of a Brain Center Whose Activity Discriminates a Choice Behavior in Zebrafish. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (pp. 2581-2586). Eugene, USA: University of Oregon.
Laurens, T., Laamena, C., & Matitaputty, C. (2014). Development a Set of Instructional Based Realistic Mathematics Education and Local Wisdom. In Intenational Seminar on Innovation in Mathematics and Matematics Education (pp. 571-576). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.
Najamuddin. (2018). Fungsi “Lelakaq” pada Masyarakat Sasak. El-Tsaqafah, XVII(1), 51-64.
Partnership for 21st Century Learning. (2015). Retrieved May 15, 2020, from http://www.p21.org/our-work/p21-framework.
Prayogi, S., Yuanita, L., & Wasis. (2018). Critical-Inquiry-Based-Learning: Model of Learning to Promote Critical Thinking Ability of Pre-Service Teachers. Journal of Physics Conference Series, 947(1), 1-6.
Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2013). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 79-87.
Qolbi, F., Kartimi, & Roviati, E. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngarot untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Plantae (Studi Eksperimen Kelas X di SMAN 1 Lohbener). Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2), 105-121.
Santiya, U., Poiyo, Sarson, W. D. J., Pomalato, & Arifin, Y. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Scientific Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. JPS : Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(1), 38-47.
Sari, P. D. (2014). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation, Ranah Kognitif, Motivasi, dan Metakognisi. Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 28-38.
Sari, R., Harijanto, A., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan LKS IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 70-77.
Setiawan, D. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis KKNI dan Berwawasan Kebangsaan sebagai Program Dukungan Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional: Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia (pp. 349-354). Makassar, Indonesia: Universitas Negeri Makassar.
Setyowati. (2011). Pengelolaan Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Studi Situs di SMP Negeri 1 Wonogiri). MPd Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Setyowati, D. (2018). Implementasi LKS Berkonten Literasi Sains Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Sains, 2(2), 28-33.
Subali, B., Sopyan, A., & Ellianawati. (2015). Developing Local Wisdom Based Science Learning Design to Establish Positive Characterin Elementary School. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 1-7.
Suyitno, I., Mustopa, K., Sunoto, & Suherjanto. (2016). Teknik Pembelajaran Observasi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kependidikan, 46(1), 14-28.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills : Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.
Ulger, K. (2018). The Effect of Problem-Based Learning on the Creative Thinking and Critical Thinking Disposition of Students in Visual Arts Education. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1), 1-21.
Utami, S. D., & Dewi, I. N. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Biologi Terintegrasi Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 5(2), 38-42.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v8i1.2697
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia