PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI LABORATORIUM MAHASISWA DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Agustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. (pp. 71-78). Surakarta, Indonesia: Universitas Sebelas Maret.
Anwar, Y. A. S., Idrus, S. W., & Siahaan, J. (2019). Implementasi Metode Presentasi pada Tahap Pra Laboratorium terhadap Kemampuan Menulis dan Sikap terhadap Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 216-228.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan : Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Baeti, S. N., Binadja, A., & Susilaningsih, E. (2014). Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium dan Penguasaan Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1), 1260-1270.
Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis Stem. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219-230.
Firdaus, T., & Sinensis, A. R. (2017). Keterampilan Dasar Kinerja Ilmiah pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 102-110.
Hidayah, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor pada Outdoor Praktikum Biologi SMA. Didaktika Biologi, 1(2), 143-148.
Holmes & Wieman. (2016). Examining and Contrasting the Cognitive Activities Engaged in Undergraduate Research Experiences and Lab Courses. Physical Review Physics Education Research, 12(2), 1-11.
Izza, L. N., Susilaningsih, E., & Harjito. (2014). Analisis Instrumen Performance Assesment dengan Metode Generalizability Coefficient pada Keterampilan Dasar Laboratorium. Chemistry in Education, 3(1), 29-36.
Khotimah, K., Susilaningsih, E., & Nurhayati, S. (2017). Pengembangan Instrumen Performance Assesment Berbasis Pembelajaran Konstektual untuk Mengukur Keterampilan Laboratorium Siswa. Chemistry in Education, 6(2), 63-69.
Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. JPPTM (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 12(1), 25-30.
Maknun, D. (2015). Evaluasi Keterampilan Laboratorium Mahasiswa Menggunakan Asesmen Kegiatan Laboratorium Berbasis Kompetensi pada Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Jurnal Tarbiyah, 22(1), 21-47.
Pertiwi, F. E. (2016). Pengembangan Asesmen Kinerja untuk Penilaian Mahasiswa pada Praktikum Fisika Dasar II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Pendidian Fisika, 4(3), 291-297.
Pujani, N. M. (2013). Pengembangan Keterampilan Laboratorium Astronomi Berbasis Kemampuan Generik Sains bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 18(2), 230-239.
Pujiastutik, H. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Mata Kuliah Pengenalan Laboratorium Biologi UNIROW Tuban. Proceeding Biology Education Conference (pp. 565-571). Surakarta, Indonesia: Universitas Sebelas Maret.
Rahmadani, S., Jamaluddin, & Zulkifli, L. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi dan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif dan Efektivitasnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA kelas XI. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 1-12.
Saravanan, C., & Wilks, R. (2014). Medical Students’ Experience of and Reaction to Stress: the Role of Depression and Anxiety. The Scientific World Journal, 2014, 1-8.
Sitompul, F. A. (2017). Pengembangan Rubrik Penilaian Kinerja (Performance Assesment) untuk Mengukur Kompetensi Mahasiswa Melakukan Praktikum Ekologi Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3), 282-289.
Tim Penyusun. (2019). Buku Pedoman Pelaksanaan Praktikum Biologi. Mataram: Universitas Pendidikan Mandalika.
Visser, T., Maaswinkel, T., Coenders, F., & McKenney, S. (2018). Writing Prompts Helm Improve Expression of Conceptual Understanding in Chemistry. Journal of Chemical Education, 95(8), 1331-1335.
Wusqo, I. U., Taufiq, M., & Handayani, R. (2015). The Development of Alternative Assesment on General Chemistry Practicum Through Conservation-Based Chemistry Fair Project (CFP) Using Daily Chemical. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 135-141.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v8i1.2680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia