PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Azizahwati et al. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau ISSN 1978-502X.
Destalia, L., Suratno, & Aprilya, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Metode Eksperimen pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pancaran, Vol. 3. No. 4.
Hariri, A. I., Kartimi, & Mulyani, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngaseup pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Maja. Jurnal Pendidikan Sains. 5 (1); 1-14.
Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA-University Press.
Isnaningsih & Bimo, D. S. (2013). Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 2. No. 2; 2013.
Mursali, S. (2015). Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 1(3), 307-314.
Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu : Total Quality Management; Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prastowo, A. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Cetakan Ketiga. Jakarta: Kencana.
Qolbi, F., Kartimi & Roviati, E. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngarot untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Plantae (Studi Eksperimen Kelas X di SMAN 1 Lohbener). Scientiae Educatia : Jurnal Pendidikan Sains. Tadris IPA Biologi; IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Samatowo, U. (2011). Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Indeks.
Satriana. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains dengan Model & Penalaran Kausal untuk Memecahkan Masalah di SMPN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.
Sujarwanto, E., et al. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.
Thiagarajan, S., Semmel, D., and Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University.
Tivani, I., & Paidi. (2016). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (1), 2016, 35-45 ISSN 2406-9205.
Wahyuni, S. (2015). Developing Science Learning Instruments Based on Local Wisdom to Improve Student Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 11 (2).
Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v6i2.2458
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia