PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Arends. (1997). Classroom Instructional and Management. New York: Mc Grow Hill Companict Inc.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Curto, K., & Bayer, T. (2005). An Intersection of Critical Thingking and Communication Skills. Journal of Biological Science, 3(2), 12.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ennis, R. H. (1985). Critical Thinking and the Curriculum. Phi Kappa Phi Journal, 65(1), 28-31.
Hunaepi, Samsuri, T., & Afrilyana, M. (2014). Model Pembelajaran Langsung Teori dan Praktek. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Kardi, S., & Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: UNESA University Press.
Laily, S. W. D., & Suliyanah. (2013). Pengaruh Model Pengajaran Langsung dengan Mengintegrasikan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas X Semester II SMAN 1 Wonoayu. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 80-84.
Litasari, K. N., Setiati, N., & Herlina, L. (2014). Profil Pembelajaran Biologi Berbasis Laboratorium dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri Se-Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Biology Education, 3(2), 172-179.
Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Prayogi, S., Asy’ari, M., Sukaisih, R., & Hidayat, S. (2014). Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Sangadji, E., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Siregar, G. (2016). Penggunaan Direct Instruction Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Tumbuhan dan Fungsinya pada Siswa Kelas IV A SDN 015 Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Primary, 5(1), 14-21.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, V. C. P. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang. SSi Skripsi. Universitas Negeri Malang.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v6i1.2367
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia