PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE DI MA ANNAJAH PONPES AL HALIMY SESELA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Choi, H. J., & Johnson, S. D. (2005). The Effect of Context-Based Video Instruction on Learning and Motivation in Online Courses. The American Journal of Distance Education, 19(4), 215-227.
Danim, S. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Kuma, I. K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3, 1-10.
Miarso, Y. (2000). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Murti, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Biologi melalui Penggunaan Media Flashcard pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Al-Ahya, 1(1), 135-143.
Novita, L. (2009). Pengaruh Penggunaan Multimedia VCD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa dalam Pembelajaran IPS. MPd Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Pangestika, I. W., Ramli, M., Nurmiyati, Sapartiwi. (2017). Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA melalui Penerapan Dialog Socrates. Proceeding Biology Education Conference (pp. 305-310). Surakarta, Indonesia: Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.
Paharuddin, Taiyeb, M., & Rachmawaty. (2018). Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi yang Dibelajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba. Journal of Biological Education, 1(1), 58-68.
Prili, M. P. B. (2012). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas 1 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Manado. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 270-280.
Sianipar. (2017). Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa (Studi Penggunaan Youtube di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU Medan dengan Pendekatan Uses and Gratification. SKom Skripsi. Universitas Sumatera Utara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistyo, I. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKn. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 14-19.
Yasmaruddin, B. (2008). Urgensi Penciptaan Lingkungan Berbahasa Asing. (Makalah).
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v6i1.2366
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia