Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 18 Model Palu

Authors

  • Wulandari Universitas Tadulako
  • I Nengah Kundera Universitas Tadulako
  • Lilies Universitas Tadulako
  • Abd. Hakim Laenggeng Universitas Tadulako
  • Rizka Fardha Universitas Tadulako
  • Abd. Ashari Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i3.17682

Keywords:

Intensitas; game online; hasil belajar

Abstract

This study aims to determine the relationship between the intensity of playing online games and student learning outcomes in science subjects in grade VIII at SMP Negeri 18 Model Palu. This type of research uses quantitative research with correlation analysis. The sample of this study is class VIII which totals 105 students. The data collection technique in this study is a questionnaire. The results of this study showed that  the intensity of playing online games obtained in the medium category was 65 students (61.90%), the high category was 27 students (25.71%), and the low category was 13 students (12.38%). The number of hours used in one play was obtained more than 5 hours by 32 students (55.17%), up to 3 hours by 18 students (31.03%), and up to 1 hour by 8 students (13.79%). The results of bivariate analysis, it showed a correlation coefficient (Spearman's rho) of 0.106, there was a positive but very weak relationship between the intensity of playing online games and student learning outcomes. With a significance of 0.282, because it is 0.282>0.05, it is concluded that there is no significant relationship between the intensity of playing online games and student learning outcomes in science subjects in grade VIII at SMP Negeri 18 Model Palu.

References

Afrizawati, & Afriani. (2022). Pengaruh Game Online Dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1).

Agustina, T. D. (2023). Dampak Game Online terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Angkatan 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Agustion, A. L., Fakhruddin, F., & Cikdin, C. (2023). Analisis Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smpn 05 Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Aklima, F. N. (2019). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 302-310.

Aqwa, M. F. (2021). Pengaruh Bermain Game Online Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Ngadiluwih (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Arifin, M. A., Usop, L. S., Cuesdeyeni, P., Susilawati, R., Suryanata, S., & Umega, U. (2023). Perilaku Toxic Dalam Permainan Online Mobile Legends Bang Bang. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 266-283.

Astuti, S., & Burhanto, B. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur pada Siswa/Siswi di SMP Negeri 24 Samarinda.

Baskoro, A. B., Sundari, R. S., & Saputra, H. J. (2022). Pengaruh durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas 5 sd 1 sadang kabupaten kudus. Jurnal Cerdas Mendidik, 1(2).

Cahyaningrum, W., & Gunawan, G. (2023). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Gawai dengan Perkembangan Literasi Awal pada Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun di TK A Isyiyah Kedungharjo Mantingan. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(2), 228-239.

Cendana, H., & Suryana, D. (2022). Pengembangan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771-778.

Dedy Kasingku, J., & Mononutu, H. (2022). Hubungan Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Agama Di Kelas IX SMP Unklab 1(3).

Fauzi, A. (2019). Pengaruh game online PUBG (Player Unknown’s Battle Ground) terhadap prestasi belajar peserta didik. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 61-66.

Gurusinga, M. F. (2020). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Pola Tidur Pada Remaja Usia 16-18 Tahun Di SMA Negeri 1 Deli Tua Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019. Jurnal Penelitian Keperawatan Medik, 2(2), 1-8.

Hanafi, M. I., Kurniawan, S. B., & Budiharto, T. (2023). Analisis Permainan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Harun, F., & Arsyad, L. (2020). Dampak Game online Dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Mi Al Anshar Kecamatan Hulonthalangi. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(2), 26–37.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.

Irawan, S. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).

Iskandar, R. (2021). Analisis tingkat kecanduan bermain game online terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5660-5670.

Jutawan, G., & Sudarsana, I. K. (2024). Analisis Game Online PUBG terhadap Problem Hasil Belajar Siswa. Jurnal Simki Postgraduate, 3(1), 47-58.

Kartini, H. (2016). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan intensitas bermain game online dengan intensi berperilaku agresif pada siswa sma katolik w.r. soepratman Samarinda. Jurnal Psikoborneo, 4(4), 739-750.

Krisnawati, N. M., Khotimah, S. K., Tinggi, S., Islam, A., & Jakarta, A. (2021). Hubungan Game Online Clash Of Clans (Coc) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Di Sdn 011 Pagi Cibubur Jakarta Timur 2.

Malahayati, Dara. 2012. Hubungan Kebiasaan Bermain Video Game dengan Tingkat Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah. Skripsi Universitas Indonesia.

Meiliana Suryaningrum, M., & Margaretha Sri Hastuti, M. (2022). Solution : Jurnal of Counseling and Personal Development Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo. 4(2), 37–41.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 4(1), 184-190.

Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 135-142

Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh game online terhadap perkembangan emosi dan sosial anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473-1481

Pitaloka, R. N., Ysh, A. S., & Ardiyanto, A. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sd Negeri Sarirejo 03 Dengan Siswa Kelas Vi Sd Negeri Sukoharjo 03 Tahun Pelajaran 2018/2019. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 205-216.

Puji Meut, Febry Fahreza, Arief Aulia Rahman. (2020). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas Tinggi SD Negeri Ujong Tanjong. Jurnal Genta Mulia, 9/1 22-23.

Purnamasari, V., & Wakhyudin, H. (2020). Dampak Game Online PUBG Terhadap Perilaku Prokrastinasi Siswa. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(1), 30-38.

Purwanto, I. (2023). Hubungan Motivasi Pemain Game Online Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Masa Covid-19 Di Akademi Keperawatan Yatna Yuana Lebak. Medisina, 9(1), 48-56.

Rahman, A., Simatupang, N., & Sinulingga, A. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional Terhadap Kemapuan Gerak Manipulatif Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Olahraga, 7(2), 27–31.

Rahman, A. (2016). Bentuk-bentuk komunikasi dalam pembelajaran. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 198-217.

Rivai, S., & Mohamad, F. D. (2021). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share pada terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV sekolah dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 685-712.

Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian metode kuantitatif. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(6), 81-90.

Safitri, S. S. (2020). Game Online dan Pengaruh Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Edumaspul, 4(1), 364-376.

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.

Saputra, Y. R. (2021). Pengaruh Game On-line Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Kluet Utara (Doctoral dissertation, Uin Ar-Raniry).

Sari, A. S., Yuliyanti, S., & WB, L. P. (2024). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Siswa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 18(4), 15-22.

Setiawati, D. T., Halimah, S., & Budiyanti, Y. (2024). Pengaruh model pembelajaran project based learning dan minat belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 32-47.

Sikolo, E., Bunga, M. H. D., & Regi, B. (2023). Analisis Pengaruh Game Online Free Fire Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas IV dan V SDK Bhaktyarsa Maumere. Journal Nagalalang Primary Education, 5(1).

Sirait, M. A. A., Bestari, R., & Simbolon, M. J. (2019). Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online dengan Indeks Prestasi Siswa SMA Swasta Nasrani 3 Medan. Jurnal Kedokteran Ibnu Nafis, 8(2), 26-34.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361.

Sri Wahyuni Adiningtiyas, M. P. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game online (The role of teacher in overcoming addiction to online games). Jurnal KOPASTA, 4(1), 11.

Suharni, Leli Tuti, and Farida Fachrudin. 2019. “Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Assure Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3(3).

Sulastri Na’ran, M. ridwan said ahmad. (2019). Dampak Game Online pada Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Tana Toaraja. Jurnal Sosialisasi Pendidikan sosiologi-FIS UNM, 102-107.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1).

Umami, M. (2018). Penilaian autentik pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222-232.

Wardani, A. Y., & Nasution, N. (2024). Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik di SMPN 5 Kota Bima. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 5(2), 53-61.

Wulandari, P. Z., Putra, H. N., Rohimah, U., & Marhadi, H. (2024). Penilaian Hasil Belajar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Praktik Pendidikan Inklusif. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(3), 170-180.

Yohanesti, M., & Nuhan, G. (2016). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Jarakan Kabupaten Bantul Yogyakarta The Relationship Betwee Intensity The Play Online Game And The Learning Achievement Among Grade Iv Students Of State Elementary School Of Jarakan Bantul Regency, Yogyakarta. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1).

Downloads

Published

2025-09-25

How to Cite

Wulandari, Kundera, I. N., Lilies, Laenggeng, A. H., Fardha, R., & Ashari, A. (2025). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 18 Model Palu. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 13(3), 2253–2261. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i3.17682

Issue

Section

Articles