Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Al-Quran dan Hadis Pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan
Abstract
This study aims to develop a digital student worksheet (E-LKPD) utilizing Liveworksheet, based on Problem-Based Learning (PBL) and integrated with values from the Qur'an and Hadith, focused on the topic of Plant Diversity. The research employed a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Research instruments included expert validation questionnaires for content and media, teacher and student response questionnaires to assess practicality, as well as pre-test and post-test instruments to evaluate effectiveness. The trial subjects were students from classes X MIPA-1 and X MIPA-2 at SMA MAL Medan, involving 60 students and one biology teacher. Validation results showed that the developed E-LKPD was rated as highly relevant by content experts (93.75%) and media experts (97.41%). Practicality assessment yielded scores of 85.7% by the biology teacher and 93.5% by the students, both categorized as very practical. Effectiveness testing showed a learning outcome improvement of 87.4%, indicating a high level of effectiveness. Thus, the PBL-based E-LKPD integrated with Qur'anic and Hadith values on the topic of Plant Diversity is valid, practical, and effective, making it suitable for implementation in high school biology instruction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2022). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Al Adawiyah, R. (2022). Pengembangan E-LKPD biologi berbasis problem based learning (PBL) untuk mengembangkan motivasi belajar siswa pada materi sistem imun di kelas XI IPA SMA Negeri Umbulsari Jember (Skripsi tidak dipublikasikan). UIN KHAS Jember.
Ajiningrum, P. A. (2011). Valuasi potensi keanekaragaman jenis hasil hutan nonkayu (HHNK) masyarakat lokal Dayak Lundayeh dan Uma’ Lung di Kabupaten Malinau Kalimantan Timur (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Indonesia.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Barizi, A. (2011). Pendidikan integratif: Akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan Islam. UIN Maliki Press.
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Fatawa Publishing.
Fauzi, A., et al. (2021). Penggunaan situs Liveworksheets untuk mengembangkan LKPD interaktif di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 233–234.
Hamzah, A. (2019). Metode penelitian & pengembangan: Research & development. Literasi Nusantara.
Harahap, D., et al. (2020). Pengembangan LKPD perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan sebagai sumber belajar tambahan untuk siswa SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index
Jumhur. (n.d.). Asas pendidikan Islam dalam perspektif al-Qur’an dan al-Hadist: Kajian ayat-ayat dan hadist Nabawi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 333.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Elektronik. (n.d.). https://kbbi.web.id/integrasi.html
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Al-Qur’an dan terjemahannya: Edisi penyempurnaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Petunjuk teknis penyusunan LKPD digital. Pusat Pengembangan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.
Khoiroh, A., & Indriwardhani, S. P. (2022). Penerapan Liveworksheets sebagai E-LKPD untuk menunjang pembelajaran bahasa Jerman kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Lawang. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra (SELASAR), 1, 249.
Kurniawan, A. T. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi himpunan dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2.
Lathifah, H., & Zulandri. (n.d.). Efektivitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan, 29.
Marisa, U., Yulianti, & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan e-modul berbasis karakter peduli lingkungan di masa pandemi Covid-19. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 326–327.
Mispa, R., Putra, A., & Zaini, M. (2022). Penggunaan E-LKPD berbasis Live Worksheet pada konsep Protista terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2134–2145.
Nahlunnisa, H., Zuhud, E. A. M., & Santosa, Y. (2016). Keanekaragaman spesies tumbuhan di areal nilai konservasi tinggi (NKT) perkebunan kelapa sawit Provinsi Riau. Jurnal Media Konservasi, 21(1), 91–98.
Q-Aanees, B., & Hambali, A. (2008). Pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an. Refika Offset.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Karakteristik keterampilan guru abad 21.
Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan tantangannya pada abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29–34.
Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 59.
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 55.
Sari, N. Y., Zulkarnain, I., & Kusumawati, E. (2018). Self efficacy siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita. Vidya Karya. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5390
Sele, A. (2022). Survei kepuasan siswa mengerjakan tugas dengan aplikasi Live Worksheet pada pembelajaran daring. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 59–60.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan: Research and development. Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja Rosdakarya.
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The importance of the student worksheets of electronic (E-LKPD) contextual teaching and learning (CTL) in learning to write description text during pandemic COVID-19. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
Silalahi, M. (2016). Bahan ajar morfologi tumbuhan. Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Indonesia.
Wahyuni, D. I. (2019). Pengembangan media pembelajaran e-booklet materi sistem pertahanan tubuh manusia untuk kelas XI IPS di SMA Bima Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023 (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Jember.
Wahyuni, T. I. (2022). Pengembangan modul elektronik berbantuan Flip PDF Corporate berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus untuk siswa kelas X di SMAN 1 Bangorejo tahun pelajaran 2022/2023 (Skripsi tidak dipublikasikan). UIN KHAS Jember.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i2.14900
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia