Penerapan BioTranspezia dengan Strategi Jigsaw Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Smary Apps Creator (SAC) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. In Jurnal Biology Education (Vol. 10).
Anggitawati, B. H., Hadiyanti, A. H. D., & Bruri, Y. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 23, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/didaktis.v23i2.17933
Anggraini, Y. (2022). Jigsaw: Strategi Pembelajarn Dalam Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa (Vol. 3). http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/desanta/article/view/51
Arlina., Winata, F. A., Maulida, S. A., & Maulana M. Z. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Jigsaw di SMP 8 PAB SAMPALI Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII. Journal Genta Mulia, 15(2), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.61290/gm.v15i2.1204
Bukit, S. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 101835 Sibolangit di dalam Proses Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN DEWANTARA, 1(1), 29–34. https://doi.org/10./dewantara.v1i1.29-34
Chimam, S. L., & Aryani, I. (2024). Bioecos: Suatu Media Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 12(1), 912. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11119
Defianti, A., & Putri, D. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Case Method untuk Melatihkan Keterampilan Berkomunikasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(1), 107–112. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i1.14734
Faisal, R. A. A., Rosvadiana, L., Fadhilah, F. A., & Suryanda, A. (2023). Peranan Pembelajaran Jigsaw dalam Membangun Kemampuan Abad 21 Peserta didik. Jurnal Pendidikan, 24(1), 21–31. https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.8119
Fauzia, C., & Fajrie, M. (2021). Pengaruh Metode Diskusi Kelas Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara. Jurnal An-Nida, 13(2), 139-146. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/an-nida.v13i2.2644
Harisanti, B. M. (2019). Implementasi Model Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Mendiskripsikan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa. BioScientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 182–191. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/bioscientist.v7i2.2378
Ikbal, M. S. (2022). Perbandingan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw dan Learning Tournament. AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA, 2(1), 58–70. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v2i1.31525
Ina, S. T., Makaborang, Y., & Enda, R. R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 509. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7653
Iswari, D. R., Setiawan, D., & Huda, W. N. (2022). Analisis Kemampuan Berkomunikasi Siswa Selama Pembelajaran Daring di Kelas IV SD Bulungcangkring.
Jariono, G., Subekti, N., Nurhidayat., & Sudarmanto. (2021). Survei Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Mahasiswa Baru POR UMS Semester Gasal T.A 2020/2021. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(4), 507–516. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jirk.v1i4.318
Maharani, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. https://doi.org/https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.324
Mahrunnisya, D. (2023). JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia 101 Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol2.Iss1.598
Masitoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD The Influence of Jigsaw Learning Model Using Flipbook Media on Social Studies Learning Outcomes for Grade V Elementary School. 4(1), 21–27. https://belaindika.nusaputra.ac.id/[email protected]
Nilam, H. S., & Yenti, E. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL
Ningrum, R. A., & Putri, N. K. (2020). Hubungan Antara Keterampilan Berkomunikasi Dengan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 173–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6410
Nugraha, R. A., & Faridatussalam, S. R. (2024). Penguatan Keterampilan Komunikasi dan Kerjasama Siswa Melalui Program Outbound pada Yayasan Nur Hidayah Surakarta Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(1), 101–108. https://doi.org/10.54082/jpmii.331
Nurcahyanto, G., & et. al. (2023). Pelatihan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif di SMP Mutu Menggunakan Articulate Storyline. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(1), 102–114. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i1.1052
Pendidikan, K., & Teknologi, D. (2022). BIOLOGI SMP SMA/MA Kelas XI. https://buku.kemdikbud.go.id
Qodarsih, Y. F., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). Siswa Kelas IV engan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Poster. De_Journal (Dharmas Education Journal), 4(1), 413–425. https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1191
Rahmawati, A., Ningsih, Y. M., Azmi, W., & Yana, N. E. (2023). Pengaruh Strategi Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 107–112. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.3204
Ramadhan, Ningsih, K., & Supartini, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1061. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.8034
Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). Keterampilan Komunikasi Siswa Setelah Diterapkan Strategi Active Knowledge Sharing Ketika Pembelajaran Daring. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 247–251. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Rusnilawati., & et. al. (2023). Pelatihan Flipped Learning dengan Pendekatan STEM di SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 108–122. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21107
Sodomora, P. A., Gutor, L. V., Tryndiuk, V. A., & Lobanova, S. I. (2021). Student storytelling for communication skill development online (In the time of covid-19 quarantine). New Educational Review, 63, 149–160. https://doi.org/10.15804/tner.2021.63.1.12
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a
Titin., Wahyuni, E. S., Komaria, S., Ayu, N. A. K., & Wilma. (2023). Deskripsi Kemampuan Komunikatif dan Kolaboratif Mahasiswa Pendidikan Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1482. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9318
Utomo, A. C., Abidin, Z., & Rigianti, H. A. (2020). Strategi Think Pair Share dan Jigsaw: Manakah yang Lebih Efektif untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa? Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i2.11404
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i1.14726
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia