Pengetahuan Hakikat Sains (Nature of Sains - NoS) Siswa SMP Negeri dan SMP Islam: Tinjauan Berdasarkan Gender
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, Y.K. & Widodo, A. (2018). Pemahaman Hakikat Sains Pada Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 10(1).
Anggraeni, S. F., Kaniawati, I., & Efendi, R. (2023). Penerapan argumentation-based science inquiry (absi) dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 8(2), 143-148. https://doi.org/10.17509/wapfi.v8i2.41792
Hardianty, N. (2015). Nature of Science: Bagian Penting Dari Literasi Sains. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015)
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Khayati, D. N. & Raharjo. (2020). Pengembagan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains Untuk Memetakan Critical Thinking dan Practical Skills Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas IX SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 433-442.
Khisfe, R. (2012). Relationship Between Nature of Science (NOS) Understanding and Argumentation Skills: A Role for Counterargument and Contextual Factors. Journal of Research in Science Teaching, 49(4), 489-514.
Lederman, N.G., Bartos, S.A. & Lederman, J.S. (2014). The Development, Use, and Interpretation of Nature of Science Assessments. Dalam M. R. Matthews (Ed.), International Handbook of Research in History Philosophy and Science Teaching, 971-997.
McComas, W.F. (2002).The Nature of Science in Science Education. USA: Kluwer Academic Publishers
Mursidah. (2013). Pendidikan Berbasis Kesetaraan dan Keadilan Gender. Muwazah, 5(2), 277–292
Narut, Y.F. & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61-69.
Novick, L. R. and Catley, K. M. (2016). Fostering 21st-century evolutionary reasoning: teaching tree thinking to introductory biology students. CBE—Life Sciences Education, 15(4), ar66. https://doi.org/10.1187/cbe.15-06-0127
Indriani, R. Yusran, K. & Hendrawani. (2021). Pencapaian Pemahaman Hakikat Sains Siswa Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 9(2), 256-266.
Tursinawati. W.A. (2019). Pemahaman Nature of Science (NoS) Di Era Digital: Perspektif Dari Mahasiswa PGSD. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI). 3(1), 1-9.
Rahmawati, A., Roshayanti, F., Mulyaningrum, E.R. (2016). Perspektif Siswa SMP Negeri Terhadap NoS (Nature of Science) di Kabupaten Pati. BIOMA 5(2), 12-24.
Rahmawati, Y. P. & Salehudin, M. (2021). Optimalisasi pembelajaran abad 21 pada smp dan sma. Journal of Instructional and Development Researches, 1(3), 112-122. https://doi.org/10.53621/jider.v1i3.67
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rosyid, A. and Mubin, F. (2024). Pembelajaran abad 21: melihat lebih dekat inovasi dan implementasinya dalam konteks pendidikan indonesia. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.586
Safrizal, S., Lenny, Z., & Yulia, R. (2020). Kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar di sekolah adiwiyata (studi deksriptif di sd adiwiyata x kota padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987
Safrizal, S. (2021). Gambaran kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar di kota padang (studi kasus siswa di sekolah akreditasi a). El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 55. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis profil kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru pendidikan kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10215
Young, D. M., Rudman, L. A., Buettner, H. M., & McLean, M. C. (2013). The influence of female role models on women’s implicit science cognitions. Psychology of Women Quarterly, 37(3), 283-292. https://doi.org/10.1177/0361684313482109
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i1.14530
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia