Development of Tissue Culture Textbook Based on Project Based-Learning to Improve Science Process Skills of Biology Department Students Universitas Negeri Medan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Learning system design in the context of the 2013 Curriculum. Bandung: PT. Refika Aditama.
Adabia, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Mata Kuliah Micro Teaching di Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Ate, O., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2022). Pengembangan Buku Ajar Berbasis PjBL dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(4), 246-255.
Banawi, A. (2019). Implementasi pendekatan saintifik pada sintaks discovery/inquiry learning, based learning, project based learning. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 8(1), 90-100
Bariyah, I. L. N., & Sugandi, M. K. (2022, October). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 135-144).
Fitriana, Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisi Keterampilan Proses Sains Peserta didik Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimiya, 4(2), 226-236.
Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, (66) 64. doi: 10.1119/1.1880
Harahap, F., & Nasution, N. E. A. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Perbanyakan Tanaman Melalui Kultur Jaringan Sebagai Sumber Belajar Tambahan Untuk Siswa SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52-61.
Hasruddin, H., Harahap, F., &; Mahmud, M. (2018). Preparation of Science Process Skills Instruments Based on Contextual Inquiry in Microbiology Lectures. In Proceedings Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 627-634).
Hayati, D. K. (2017). Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 151–167.
Ichwanah, R. E., & Nurita, T. (2019). Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 6(02).
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Kemendikbud. (2014). Buku guru ilmu pengetahuan alam untuk SMP Kelas VIII. Jakarta.
Khairunnisa, K., Ita, I., & Istiqamah, I. (2020). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58.
https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7858
Kriswanto, D. B. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis M-Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 28-44.
Kusuma, A. C., &; Rakhman, A. (2018). Improving the skills of making elementary mathematics textbooks for students of PGSD Study Program, University of Civilization. Jurnal Abdimas PHB: Journal of Progressive Community Service Humanist Brainstorming, 1(2), 75-79
Ladyana, B. (2014). Theoretical qualification LKS project based on learning (PjBL) use of alternative topics of conventional biotechnology products. Journal of Scientific Periodic BioEdu of Biological Education, 3(3), 396–403.
Larashati, T. D., Pursitasari, I. D., & Ardianto, D. (2023). Project Based Learning Berbasis Internet of Things Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 273–278.
Mursali, S., & Safnowandi. (2016). Pengembangan lkm biologi dasar berorientasi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains mahasiswa. Bioscientis, 4(2), 56–62.
Mutmainnah, S. N., Padmawati, K., Puspitasari, N., & Prayitno, B. A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Pendidikan Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik (Studi Kasus Di Salah Satu Universitas Di Surakarta). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(1), 49-56.
Novita, N., Ginting, F. W., Zahara, S. R., Zahara, S. R., Muliani, M., & Ulfa, R. (2024). Pengembangan Modul Getaran Harmonis Berbasis Pjbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 176–186.
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.4166
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nugraha, A. W., & Syafi’ah, R. (2020). Pengembangan Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Science, Technology, Engineering, Math (STEM) untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS) Mahasiswa. Jurnal BIOEDUIN, 10(2), 1-9.
Nurmalasari, A. D., &; Auliana, R. (2016). Development of Learning Videos on Nutritional Resources at State Vocational High School 3 Purworejo. Journal of Culinary Education and Technology, 5(4).
Pratiwi, N., Hasruddin, H., & Harahap, F. (2014). Pengembangan Buku Ajar Mikrobiologi Terapan Berbasis Masalah. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 11, No. 1, pp. 722-728).
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Management of Higher Education in Improving the Quality of Education. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67.
Rani, I. M. (2019). a Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sma Kelas X Di Kecamatan Seberang Ulu I Dan Kertapati Palembang. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 6(1), 23–31.
https://doi.org/10.29407/jbp.v6i1.12515
Siswono, H. 2017. “Analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa.” Momentum: Physics Education Journal 1(2): 83–90
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Bandung: Alabeta.
Susilawati, Jamaluddin, & Imam, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan literasi siswa Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Mataram Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pijar MIPA. 12(2).
Thiagarajan, S. Semmel, DS. Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourse Book. Blomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.
Yanti, L., Miriam, S., & Suyidno, S. (2020). Memaksimalkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Creative Responsibility Based Learning. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1790-1796.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.13786
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia