PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PEMBERDAYAAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA

Septiana Dwi Utami, Jamaluddin Jamaluddin, Nyoman Sridana

Abstract


This study aims to find out: 1) the influence of application of cooperative learning model based on empowerment of thinking (PKBPB) to the learning outcomes of science; 2) the influence of academic ability on science learning outcomes; and 3) the influence of PKBPB model interaction with academic ability on science learning outcomes. This study uses a population sample consisting of 98 students from 4 classes. This research is a quasi-experimental research using factorial design 2 x 2. Data collection is done by test. Data were analyzed using covariance analysis with the help of SPSS 18 for windows program. The result of data analysis shows that: 1) there is influence of PKBPB model implementation toward science learning result (F = 6.065 and p <0.05); 2) there is influence of students' academic ability on science learning outcomes (F = 6.171 and p <0.05); and 3) there is no interaction between PKBPB and non PKBPB model with academic ability on science learning outcomes (F = 0.486 and p = 0.487).

Keywords


Cooperative Learning Model, Thinking Empowerment, Learning Outcomes of Science, Academic Ability.

Full Text:

PDF

References


Arends, R., I. 2008. Learning to Teach. Seventh Edition. New York: McGraw Hill Company.

Corebima, A., D. 2005. Pemberdayaan Berpikir Siswa pada Pembelajaran Biologi: Satu Penggalakan Payung di Jurusan Biologi UM. Makalah Disampaikan pada seminar.

Costa, A., L., & Kallick, B. 2000. Habits of Mind. USA: Association for Supervision an Curriculum Development.

Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005. Jakarta: Depdiknas.

Jamaluddin. 2009. Pengaruh Pembelajaran Berpikir Melalui Pertanyaan Dipadukan Strategi Kooperatif dan Kemampuan Akademik terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep IPA-Biologi dan Retensi Siswa SD di Mataram. Disertasi Tidak Dipublikasikan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Malang.

Karmana. 2010. Pengaruh Strategi PBL dan Integrasinya dengan STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Mataram. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Meha, M., L., B., G., & Corebima, A., D. 2005. Hubungan Antara Thinking Skill & Academic Skill dengan Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Pola Pembelajaran Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam Strategi Kooperatif Think Pair Share di SMP 22 Malang. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Negeri Malang, Malang 3 Desember 2005.

Slavin, R., E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik, Penerjemah Nurulita. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyanik. 2010. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Strategi ARIAS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium Malang. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Winarni, E., W. 2006. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA-Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas V SD dengan Tingkat Kemampuan Akademik Berbeda di Kota Bengkulu. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Yuliani, N. 2011. Penerapan Perangkat Model Pembelajaran PBMP dengan Strategi Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin di SMPN 2 Mataram. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v2i1.1303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia