Analisis Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Pada Materi Biodiversitas di Pedesaan dan Perkotaan Aceh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1). https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28388
Campbell, Neil, A., Simon, Eric J., Dickey, Jean L., Hogan, Kelly, A., Reece, Jane B., 2017. Intisari Biologi. Penerbit Erlangga, 6, 4.
Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 13-13.
I Made Surya Hermawan, Hadi Suwono, Herawati Susilo, & Desak Nyoman Budiningsih. (2020). Culture-based Learning: A Way to Improve Students’ Cognitive Learning Outcome in Denpasar City. BIOEDUSCIENCE, 4(2). https://doi.org/10.22236/j.bes/425582
Muhammad, B., & Junaidi, J. (2021). Penerapan Blended Learning Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Sosiologi SMA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.161
Nahdi, D. S., Ansori, Y. Z., & Khaerunisa, D. (2020). Efektivitas Model Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2248
Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91-104. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1267
Prasanti, R. P. (2022). Implementasi Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Literasi Digital,2(2). https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.120
Qomariyah, R. S., TK, R. G. A. P., Putri, D. R., & Putri, D. S. (2022). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Pada Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Semester 1 SDN Kedungdalem 2. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 74-80
Ratnasari, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Virtual Physics Laboratory Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Di Kelas XII SMA. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 62-68. https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1987
Sari, Y. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa SMK Pada Materi Bakteri. SINAU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 5(2), 60-77. https://doi.org/10.37842/sinau.v5i2.55
Sari, N. F., & Wahyudi, S. (2012). Analisis Pengaruh DER, CR, ROE, dan TAT terhadap Return Saham (Studi pada Saham Indeks LQ45 periode 2009–2011 dan Investor yang Terdaftar pada Perusahaan Sekuritas di Wilayah Semarang periode 2012) (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Senisum, M. (2021). Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 13(1), 76-89. https://doi.org/10.36928/jpkm.v13i1.661
Sriyati, S., Ivana, A., & Pryandoko, D. (2021). Pengembangan Sumber Belajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Dadiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 168-180. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176-197.
Triyanti, M. and Nulhakim, U. (2022). Keefektifan Model Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(1), 69-79. https://doi.org/10.31540/jpp.v16i1.1585
Wafi, M. N., Wuryadi, W., & Haryanti, E. H. W. (2020). Metode Pembelajaran Student-Created Case Studies Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 215-228. https://doi.org/10.26877/bioma.v9i2.7060
Wahyuningtyas, D., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1104
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.12987
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia