Analisis Kemampuan Calon Guru dalam Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik yang Membangun Keterampilan Abad 21
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfatih, A. (2017). Pedoman Mudah Melaksanakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Palembang.
Annisa, P. S. M., Gultom, F. E., & Debora, M. (2023). Penerapan Optimalisasi Keterampilan 4C (Creative Thinking, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration) dalam Pembelajaran Contextual Oral Language Skills. Jurnal Ilmiah Korpus, 7(3), 391-399.
Hadayani., Okta, D., Delinah., & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999-1015.
Hamzan, R. A., dkk. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21. Deli Serdang: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.
Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking dan Problem Solving dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12-28.
Khoerunisa, E., & Habibah, E. (2020). Profil Keterampilan Abad 21 (21st Century Soft Skills) pada Mahasiswa. Iktisyaf; Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 2(2), 55-68. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2029.
Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 dalam Proses Pembelajaran (Literature Review), 19(1), 86-107.
Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) Integrated Science With The Theme of The Motion In Life Using Integrated Connected Type 21st Century Learning. Journal of Physics: Conference Series, 148(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012046
Mudrikah, S., Pahleviannur, M. R., Surur, M., Rahmah, N., Siahaan, M. N., Wahyuni, F. S., Zakaria., Widyaningrum, R., Saputra, D., Prihastari, E. B., Ramadani, S. D., & Nurhayati, R. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Teori dan Implementasi. Malang: Pradina Pustaka.
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34-45.
Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah., Husna, E. N., & Yulianti, W. (2022). Pentingnyaa Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Matematika. SICEDU: Science and Education Journal, 1(2), 449-459.
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (SNISTEK) 5 Tahun 2023.
Sapitri, N. K. I., Ardana, I. M. & Gunamantha, I. M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah dengan Pendekatan 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia: 6(1), 24-32.
Sara, H., Lufri., Helendra., & Selaras, G. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan Abad 21 pada Materi Jaringan Hewan SMA. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(3), 323-331.
Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079-6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715
Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis, Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-a9. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(2), 253-259.
Suweta, I. P. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Karakter: dengan Setting Model Pembelajaran STML. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.
Wistiawati, A. T., Putro, S. C., & Irianto, W. S. G. (2020). Hubungan Sosial Kognitif dan Life Skills Education Terhadap Kemampuan Adaptasi Calon Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(2), 88-97. http://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.1429.
Zahran, D., Maya, R., & Zanthy, L. S. (2024). Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas 8 pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 397-406.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.12472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia