Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan, Sikap Peduli Lingkungan, dengan Partisipasi Pengelolaan Lingkungan Sekolah Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, 2013. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Biologi Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau : Jurnal PEDAGOGIA Vol. 2, No. 1, Februari 2013: halaman 98-108.
Alpusari, M. (2016). Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Dasar Pekanbaru. Jurnal Primary, 2 (2), 10-17.
Amalia, N. (2015). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata sebagai Sumber Belajar bagi Peserta Didik. Jakarta: Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi.
Amsyari, F. (1977). Prinsip-prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan. Surabaya : Ghalia Indonesia.
Anderson, L.W. and Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.
Annisa Handayani, 2022. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMPN 20 Depok. Jurnal EduBiologia Vol.2 No.1 pp 80-86, 2022.
Aprilia, N. (2015). Evaluasi Pengelolahan Sarana Pendukung yang Ramah Lingkungan Pada Program Adiwiyata di SMP Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Malang.
Ardianti, S. D., Savitri, W., & Susilo, R. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Ejas Dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendas, 4(1), 1– 7.
Asrianti, 2016. Hubungan Antara Program Adiwiyata Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Di Smp Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa : UIN Alauddin Makassar.
Aulia, T. N., Prayitno, B. A., & Yushita, A. N. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 157-168.
Azhar, M. Djahir, Basyir, dan Afitri 2015. Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan Dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Dalam jurnal Ilmu Lingkungan, Vol. 13. No 1 Tahun 2015.
Badan Pusat Statistik. (2014). Indikator Sikap Peduli Lingkungan Hidup 2014. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Bonita, Simarmata (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 6 No. 4
Darwis Darmawan, (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Jurnal Geografi, Volume 4 Nomor 1 April 2016 ISSN 1907 – 302.
Desfandi, M. (2015). ‘Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata’, Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 2(1).
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Elvinaro Ardianto.
Dwidjoseputro. (1987). Manusia dengan Lingkungannya. Jakarta : LPTY Dirjen Pendidikan Tinggi.
Eko, Rahmanto (2019). Peran Serta Siswa dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah di SMAN 1 Semarang : Journal of Educational Unnes.
Firdaus, Daud (2023). Analisis Pengelolaan Lingkungan SMP Negeri di Kota Makassar. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2023, Universitas Negeri Makassar.
Firdaus, Daud (2009). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan di Pemukiman Sekitar Muara Sungai Tallo Kota Makassar. Jurusan Biologi FMIPA UNM
Hamzah, S. (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Ibrahim, B. (2008). Manajmen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya.
Indah, P. N. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Proceedings Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 123-130.
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel. (2017). Diakses dari http://www.menlhk.go.id/site/single_post/1551/sulsel.
Istiana, R. 2014. “Hubungan Antara Pengetahuan Pencemaran dan Etika Lingkungan dengan Perilaku Mahasiswa dalam Mencegah Pemanasan Global”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pedagogia. Vol. 6. No. 1.
Julina. 2013. Determinan Perilaku Pembelian Ekologis dan Konsekuensinya Terhadap Lingkungan: Perspektif Konsumen di Kota Pekanbaru Berdasarkan Kolektivisme, Perhatian Terhadap Lingkungan, Efektivitas Konsumen, dan Kesediaan Membayar. Kutubkhanah Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.Vol. 16.No. 2. pp. 115-126.
Jumirah, (2021) Analisis Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Pada Kegiatan Green-Chemistry Dalam Kondisi New Normal Pandemi Covid-19. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, Volume 2 Nomor 1 Desember 2021.
Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berwawasan Lingkungan. Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Badan Lingkungan Hidup.
Kementerian Lingkungan Hidup. 2013. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berwawasan Lingkungan. Semarang : Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Badan Lingkungan Hidup.
Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga (2022), http://dlh.salatiga.go.id/sekolah-adiwiyata/ Jakarta: Bumi aksara.
Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan Survei KLH 2012 (Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia 2013), hal 47.
Kementrian Lingkungan Hidup.(2012). Program Adiwiyata. http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/.
Kose, S. (2011). Investigation of undergraduate students’ environmental attitudes. International Electronic Journal of Environmental Education, 1 (2), 85-96.
Kumurur, A. V. (2008). Pengetahuan, Sikap dan Kepedulian Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan terhadap Lingkungan Hidup Kota Jakarta, Ekoton: 8(2).
Landriany,E.2014. Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang.Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Vol.2,No.1;hal 82-88.
Laras Sugiarti, (2017). Partisipasi Siswa Dalam Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Sman 11 Semarang. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Martini. (2018). Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan dengan Perilaku Prolingkungan Sekolah Adiwiyata. Ruang Teknik Jurnal, 2 (1), 1-7.
Maslia, (2022). Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Di Sma Negeri 18 Makassar Sebagai Sekolah Adiwiyata. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNM.
Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip – Prinsip Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmojo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursid Sumaatmadja. 2001. Manusia Dalam Konteks Sosial Budaya Dan Lingkungan Hidup. Jakarta: Bumi Aksara
Nurul, Sakinah (2023) Keterlibatan Warga Sekolah Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi. Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Riau. ISBN 978-979-792-675-5.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Pratomo, Suko. 2009. Model Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar No. 11 2009 Halaman 8-15. Bandung. Respository UPI.EDU. diakses Januari 2013.
Prihatin, E. (2011). Teori administraasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ratna, A., & Simatupang, R. (2019). Manajemen Pengelolaan Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 123-135.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rizky Dewi Iswari*, Suyud W. Utomo, 2017 Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong) : Jurnal Ilmu Lingkungan Vol 15 Issue 1 (2017) 35-41.
Rohman, N. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: Dipdiknas.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Suharno. (2008). Manajemen Pendidikan. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UPT.
Suharsimi Arikunto. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Proktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryani, S., Setiawan, I., Rusmana, A., & Sari, Y. A. (2021). Environmental Attitude and Participation in School Environmental Management: A Study among Secondary School Students in Bandung, Indonesia. Sustainability, 13(6), 3263.
Suryosubroto, 1997, Proses belajar mengajar di sekolah, (Rineka Cipta, Jakarta)
Takarina, Y. (2015). Peran Serta Warga Sekolah Dalam Mewujudkan Program Adiwiyata di Smp Wilayah Semarang Barat. Journal of Educational Social Studies. 4(1).
Tim Penyusun Kamus Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud dan Balai Pustaka.
Vina Nur Hidayah, 2020 Peran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) SMAN 3 Klaten Era New Normal: Bertanam Dari Sekolah Menuju Rumah : Jurnal Pendidikan Lingkungan, dan Pembangunan Berkelanjutan.
Wahyuni, 2017, Pengelolaan Lingkungan Sekolah Menuju Sekolah Adiwiyata Di SMPN 4 Makassar : Jurnal Dinamika Pengabdian Vol. 3 No. 1 Oktober 2017.
Warju, S. P. H., & Martin, D. H. (2017). Evaluating the Implementation of Green School (Adiwiyata) Program: Evidence From Indonesia. Internasional Journal of Environmental & Science Education. 12(6).
Wawan dan Dewi, 2010, Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia, Yogyakarta : Nuha Medika
Yamin, (2019). Evaluasi Program LISA dalam Makassar Tidak Rantasa di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Jurnal Ilmu Administrasi Publik, UNM.
Yunansah, H., Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasara EduHumaniora, 9 (1), 27- 34.
Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Pres.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i1.12323
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia