Implementasi Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitas (JAS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Matakuliah Morfologi Tumbuhan
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Anas, M., & Aryani, F. (2014). Motivasi Belajar Mahasiswa. Penelitian Pendidikan INSANI, 16(1), 41–46. https://doi.org/10.26858/ijes.v16i1.3973
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245-252.
Erwan dan Achyani, Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Dengan Metode Eksperimen Pada Materi Limbah, (Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro,2011), hal.2. Dikutip dari Mulyani, Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi, (Semarang: Jurusan Biologi FMIPA UNNES,2008), hal.7.
Hidah, L. dan Sudibyo, E. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Mobile Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 185-192.
Jaya, S., Masiah, M., & Safnowandi, S. (2023, November). Profil Kedekatan Mahasiswa dengan Dosen terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Biologi Angkatan 2020. In Proceeding of National Conference of Biology Education (Vol. 1, No. 1, pp. 89-94).
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294
Putri, D. R., Hanim, N., & Taib, E. N. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 11 Banda Aceh. In Prosiding Seminar Nasional Biotik (Vol. 8, No. 2).
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Tjitrosoepomo, Gembong. 2018. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.
Widoyoko, E. P., & Rinawati, A. (2012). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2), 278–289. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845
Wuarlela, M. (2020). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Daring Untuk Mengakomodasi Modalitas Belajar. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 261–272. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no2hlm261-272
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.12066
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia