Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Aplikasi 3D terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Pencernaan
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Anggraini, L., Maison, M., & Syaiful, S. (2022). Attitude and Understanding of Concepts: It’s Influence in Science Learning. Journal of Education Research and Evaluation, 6(3), 423-430. https://doi.org/10.23887/jere.v6i3.45991
Aqil, D. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi SMP pada Sub Bab Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 45-50. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1382
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning Becoming an Accomplished Teacher. New York: Routledge.
Arianty, M., Suparman, T., Ds, Y. N., Buana, U., & Karawang, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V Sekolah Dasar. IJPSE: Indonesian Journal of Primary School Education, 1(1), 159-167. https://doi.org/10.36805/ijpse.v1i1.60
Artini, R. J., Adnyana, P. B., & Warpala, I. W. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Couple Card terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(1), 33-43. https://doi.org/10.23887/jjpb.v6i1.21923
Byusa, E., Kampire, E., & Mwesigye, A. R. (2022). Game-based Learning Approach on Students’ Motivation and Understanding of Chemistry Concepts: A Systematic Review of Literature. Heliyon, 8(5), e09541. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09541
Danial, M., Gani, T., & Husnaeni, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Journal of Educational Science and Technology, 3(1), 18-32. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3509
Elvianti, E., Safaria, S. A., Agus, I., Dedyerianto, D., & Had, A. L. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 111-120. https://doi.org/10.15548/mej.v7i2.6760
Gustina, D., & Adetya, N. (2020). Rancang Bangun Visualisasi 3D Sistem Pencernaan dengan Konsep Virtual Reality Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 4(3), 103-110.
Hartanti, H., Fidiyanti, N., Ruhimat, M., & Winarti, M. (2017). Effect of Implementation of Cooperative Learning Model Make a Match Technique on Student Learning Motivation in Social Science Learning (Quasi Experimental Class VIII SMP Negeri 40 Bandung). International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8667
Husna, H., Nerita, S., & Safitri, E. (2023). Analysis of Student Difficulties in Learning Biology. Journal of Biology Education Research, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.55215/jber.v4i1.5963
Inna, M., Safnowandi, S., & Armiani, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Gunungsari Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 87-95. https://doi.org/10.36312/educatoria.v4i2.270
Mahmudah, M., Tindangen, M., & Lumowa, S. (2018). Analisis Permasalahan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP terkait Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(1), 200-209. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10517
Marlinda, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di MTsN 1 Aceh Singkil. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Meha, A. M., Mbau, Y. W., & Foeh, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 22-27. https://doi.org/10.24114/jpb.v9i2.19078
Mills, S. (2016). Conceptual Understanding: A Concept Analysis. Qualitative Report, 21(3), 546-557. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2016.2308
Muslichatun, M., Ellianawati, E., & Wardani, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 142-150.
Mustainah, M., Sulfasyah, S., Tarman, T., & Arif, A. (2023). Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V. Agustus, 23(2), 194-203. https://doi.org/10.17509/jpp.v23i2.59200
Ningsih, F. N. (2022). Analysis of Students’ Concession Understanding Ability in Solving Physics Concepts. International Journal of Education and Teaching Zone, 1(1), 26-33. https://doi.org/10.57092/ijetz.v1i1.8
Pratiwi, R. H. (2018). Metode Pembelajaran “Make A Match” dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPA. Florea: Jurnal Biologi dan Pendidikan, 5(1), 37-43. http://doi.org/10.25273/florea.v5i1.2291
Rizqiyah, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Memahami Fungsi Organ Pencernaan Manusia Melalui Model Pembelajaran Make a Match. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Menengah, 6(3), 1-10.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami (1St Ed.). Bantul: Pustaka Baru Press.
Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 240-246. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27174
Suryani, E., & Purwanti, K. Y. (2016). Profil Tingkat Pemahaman Konsep Cahaya pada Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Hardiknas 2018 (pp. 1-10). Salatiga, Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana.
Suryani, I., Harjono, A., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Miniatur Rumah terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Rangkaian Listrik di SDN 2 Sape. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 126-135.
Vebrianto, R., & Osman, K. (2011). The Effect of Multiple Media Instruction in Improving Students’ Science Process Skill and Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15(1), 346-350. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.099
Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan KPS Siswa. EDUSAINS, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1730
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11722
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia