Hubungan Antara Motivasi, Sikap, dan Kecerdasan Adversitas dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA

Hasniar Hasniar, Yusminah Hala, Syamsiah Syamsiah

Abstract


This study aims to analyze the relationship between learning motivation, learning attitude, and adversity quotient with biology learning outcomes of eleventh grade students at SMA Negeri 1 Makassar. The research method used is ex-post facto with a correlational nature. The population of this study consists of all students of SMA Negeri 1 Makassar totaling 1212 students. The sample of the study is the eleventh grade science class determined using the Slovin formula, with a sample size of 132 students. Data collection involved instruments measuring learning motivation, learning attitude, and adversity quotient comprising 90 items of statements and documentation. The research findings revealed a correlation coefficient of 0.809, indicating a strong relationship between the variables.


Keywords


Motivation, Attitude, Adversity Quotient, Learning Outcomes.

Full Text:

Full Paper

References


Arika Palapa. 2020. Psikkologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, Saefudin. 2015. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dachmiati. 2015. Analisis Penilaian Sikap Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Era Tatanan Baru. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol 10 (2). ISSN: 2088- 0294.

Dian, P, A. 2022. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Kecerdasan Adversitas pada Mahasiswa yang Bekerja. Jurnal Penelitian Psikologi. Volume 9 No 7.

Firmansyah et al., 2016. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Jemudin, F. DE, Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan sikap belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smpn 6 langke Keller, J. M. (2009). Motivational design for learning and performance: The ARCS model approach. Springer Science & Business Media. rembong. Journal of Honai Math, 2(1).

Kasmayanti, K., Samsuri, T., & Safnowandi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Turnament (TGT) dengan Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 3(2), 41–57. https://doi.org/10.36312/panthera.v3i2.159

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Muhammad. 2016. Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap terhadap perilaku masyarakat dalam mengolah sampah di Dusun Padukuhan Desa Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Yogyakarta. Kes Mas. 6:208.

Mustikarini, S., A & Puspasari, D. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar, Self-Control, dan Critical Thinking terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), Volume 5 Nomor 5 September 2021 | Issn Cetak : 2580 - 8435 | Issn Online : 2614 – 1337. Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Pjr.V5i5.8428

Nurlia, Yusminah, H., Rachmawati, M., Oslan, J., A, Musawwir, T. (2017). Hubungan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(2).

Nurul, K. D & Dian, R.S. 2015. Kecerdasan Adversitas dan Keterlibatan Kerja pada Karyawan Pt. Gandum Mas Kencana Kota Tangerang. Jurnal Empati, Volume 4(1), 123-129.

Oktiani. 2017. Kriteria Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. Vol 5 no 2. 216-232.

Ompusunggu, V. D. K. 2014. Peningkatan kemampuan pemahaman matematik dan sikap positif terhadap matematika siswa SMP Nasrani 2 Medan melalui pendekatan Problem Posing, Disertasi, Medan: Universitas Negeri Medan.

Ricardo & Rini I., M. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran.2(II),188-201.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2).

Rusman, 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian.

Sartina & Setyabudi, I. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sosial, dan Sikap Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA/MA. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 16, No. 1 Hal 87-100.

Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar matematika. Formatif, Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Stoltz, Paul G. 2017. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsu Rijal & Suhaedir Bachtiar, 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika. Vol. 3 No. 2. ISSN: 2338-6630. Hal 15-20.

Ulfah, M., & Khosmas, F. Y. (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Memilih Lintas Minat Ekonomi Kelas X Mia Di Sman 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8 (7).

Usman, A.A., Yusminah.H., Halifah.P. (2017) Hubungan antara Kemampuan Metakognisi, Motivasi, dan Kesiapan Mental dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Jurnal of Biological Education UNM. 1(1).

Widoyoko, E. P. 2012. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, M., & Febriana, N. Y. (2020). Analisis Hubungan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan MIPA , 10 (2).




DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia